Putus Rantai Penyebaran Corona, Bupati Tabanan Instruksikan Warga Gunakan Masker

Senin, 13 April 2020 : 22.52
Masker dibagikan di beberapa titik seperti di Pasar Kediri, Pasar Tabanan, Pasar Dauh Pala dan Pasar Relokasi Dangin Carik/ist.
Tabanan - Bupati Tabanan NI Putu Eka Wiryastuti selaku Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tabanan menginstruksikan seluruh masyarakat agar ‘wajib’ memakai masker guna memutus mata rantai penyebaran virus Covd-19.

Intruksi tersebut dibarengi dengan pembagian 15 ribu masker kepada petugas medis dan masyarakat Tabanan, Senin (13/4/20). Pembagian masker dipusatkan di beberapa titik diantaranya di Pasar Kediri, Pasar Tabanan, Pasar Dauh Pala dan Pasar Relokasi Dangin Carik.

Rinciannya 10 ribu masker dibagikan kepada para pedagang dan masyarakat, dan 5 ribu masker kepada petugas medis di BRSU Tabanan, RSU Nyitdah, dan Puskesmas-puskesmas di Tabanan.

“Saat ini baru tersebar di 6 Kecamatan, yaitu Tabanan, Kediri, Kerambitan, Marga, Bajera, Penebel dan 4 Kecamatan lainnya akan menyusul besok,” ungkap Bupati Eka diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, AA. Dalem Tresna Ngurah di sela-sela kegiatan.

Kegiatan ‘wajib masker’ ini juga dipertegas melalui Surat Edaran Bupati Tabanan Nomor: 441/604/Dikes tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan corona virus desease dalam wilayah Tabanan yang berisikan himbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker baik di rumah maupun di luar, baik sakit maupun tidak, dan masyarakat dianjurkan menggunakan masker kain bukan masker medis.

Guna melancarkan program ini, pihaknya mengungkapkan juga akan melakukan pemasangan baliho dan spanduk himbauan penggunaan masker di 6 pintu masuk menuju Kabupaten Tabanan, yakni di Desa Selabih Selbar, Desa Bantiran Pupuan, Desa Pancasari Baturiti, Cepaka, Kaba Kaba dan Dadakan Kediri.

Selain itu, juga akan dipasang spanduk di tempat-tempat keramaian dan pasar-pasar di Tabanan.

Dalam kesempatan itu, Ngurah Dalem mengungkapkan, pemasanagn ini dilakukan paling cepat hari Selasa, 14 April 2020 oleh Tim Gugus Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Tabanan beserta jajaran Pemkab Tabanan.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu dengan disiplin melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Dengan selalu menerapkan cuci tangan sesering mungkin dengan sabun, selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer saat bepergian, selalu menjaga jarak di keramaian, serta kiat-kiat pencegahan lainnya.

Disamping himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Intruksi tersebut tiada lain untuk keselamatan bersama khususnya masyarakat Tabanan, sehingga terhindar dari wabah covid-19 bahkan mampu memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini.

Koordinator Pasar Barang Tabanan, I Made Indrabayu mengatakan sangat mengapresiasi kiat pemerintah sekaligus mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Tabanan dan jajarannya dalam upaya mengantisipasi penyabaran virus Corona.

Kebersamaan ini diharapkan, bisa tetap dilanjutkan untuk mencapai tujuan bersama dalam memerangi virus ini.

Seluruh pihak mampu menangani virus ini dengan jujur, disiplin dan betul-betul dengan tupoksi masing-masing memerankan diri memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehinngga timbul kesadaran masyarakat. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi