Pj. Sekda Darmawa Bagikan Sembako untuk Warga Karangasem Terdampak Corona

Kamis, 23 April 2020 : 00.30

Darmawa memberikan 5 paket sembako dan 3 box masker kepada Ketua Satgas Gotong Royong Desa Amerta Bhuana agar bisa diserahkan kepada masyarakat yang terdampak corona/ist
Amlapura - Pj. Sekda Darmawa melanjutkan kunjungan ke Posko Satgas Penanggulangan Covid-19 untuk memberikan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kali ini I Gede Darmawa menyambangi Posko Terpadu Penanggulangan Covid-19 Desa Amerta Bhuana, Kecamatan. Selat, (23/4/2020).


Darmawa memberikan 5 paket sembako dan 3 box masker kepada Ketua Satgas Gotong Royong Desa Amerta Bhuana agar bisa diserahkan kepada masyarakat yang terdampak, turut mendampingi Assisten II Setda Kab. Karangasem, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia, Kalak BPBD Kab. Karangasem, dan OPD terkait.

Atas bantuan itu, Perbekel Desa Amerta Bhuana I Wayan Suara Arsana selaku Ketua Satgas Gotong Royong Desa Amerta Buana menyampaikan bahwa PMI yang menjalankan Isolasi Mandiri sebanyak 6 Orang dan sudah dijaga dengan ketat,

"Yang sedsang isolasi mandiri enam orang tetapi sekarang sisa dua orang lagi karena empat sisanya sudah menjalankan karantina selama 14 hari sudah di rapid test dan hasilnya negatif, namun tetap dalam pengawasan," ungkapnya.


Suara mengatakan bahwa Satgas Gotong Royong Desa Amerta Buana sangat memperhatikan PMI yang sedang menjalankan Isolasi Mandiri.

"Kami selalu memantau mereka, bahkan kami telah buatkan WA Group antara PMI yang menjalani isolasi dengan Dokter Puskesmas, supaya bisa selalu mengecek dan melaporkan kesehatan mereka, selain itu saya juga bersyukur mereka selalu tertib dan mengikuti aturan dan himbauan," ujarnya.

Kebutuhan PMI yang sedang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ditanggung oleh pihak desa dengan memberi sembako, Selain itu Suara juga menerangkan bahwa menjaga ketat tamu yang datang dari luar Desa,

"Setiap warga yang datang dari luar Desa dan berkunjung ke Desa Amerta Buana wajib untuk melaporkan dirinya, supaya ketika nanti bila masyarakat yang dikunjungi positif maka langsung kami tracking," terangnya.

Ditegaskan Suara, untuk identitas PMI yang sedang melakukan isolasi mandiri tidak ditutupi untuk masyarakat, supaya tidak membuat resah masyarakat.

Untuk musibah Virus Corona sudah disiapkan anggaran yang sudah disusun sehingga akhirnya bisa menanggung 151 KK dan tentunya sudah didata masyarakat yang memang memerlukan sembako.


Pj. Sekda I Gede Darmawa selaku Ketua Gugus Tugas Harian mengapresiasi kinerja Satgas Desa Amerta Bhuana yang bekerja dengan sigap dan aktif.

"Saya sangat mengapresiasi Satgas Gotong Royong Desa Amerta Bhuana dimana disini adalah desa pertama yang menerima PMI dan langsung diisolasi mandiri didesanya dan tidak menolak PMI tersebut, karena memang musibah ini harus kita tangani bersama," ucapnya.

Pihaknya menekankan kepada seluruh Satgas Desa, Satgas Desa Adat, dan Satgas Kecamatan, supaya saling bersinergi dan saling bahu membahu dan tidak saling menyalahkan.

"Dengan kerjasama yang baik pasti akan lebih baik, saya yakin bahwa di desa amerta buana sudah melakukan yang terbaik, selain itu kita juga harus sesering mungkin edukasi masyarakat untuk selalu menjaga diri dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," jelasnya.

Seluruh Satgas diharapkan melanjutkan apa yang telah diperjuangkan dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari desa amerta bhuana yang sangat baik.

"Tetap dijaga kinerja yang seperti ini, tetap semangat, tetap jaga kesehatan, semoga wabah ini segera menghilang dan bisa seperti sedia kala," harapnya. (nik)

Rekomendasi