Lanal Denpasar Evakuasi Pasien Positif Covid-19 dari Laut

Kamis, 09 April 2020 : 20.10
Simulasi latihan dipimpin Dansatgas Penanganan Covid-19, Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, melibatkan unsur dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar dan unsur Laut diantaranya Catamaran dan Sea Rider/ist.
Denpasar - Pangkalan TNI AL Denpasar Bali menggelar simulasi dan latihan penanganan pasien positif Virus Corona (Covid-19).

Setelah Tim Satgas Penanganan Covid-19 tahun 2020 Pangkalan TNI AL Denpasar Bali terbentuk dilanjutkan latihan, selama dua hari 7-8 April 2020 di Mako Lanal Denpasar Bali dan area Pelabuhan Benoa Bali.

Simulasi latihan dipimpin Dansatgas Penanganan Covid-19, Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, melibatkan unsur dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar dan unsur Laut diantaranya Catamaran dan Sea Rider.

Dalam sambutannya, Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo disampaikan Dansatgas mengatakan, kesiapan segala sektor dalam penanganan Covid-19 harus terus ditingkatkan.

"Termasuk latihan pemindahan pasien positif Corona ini untuk mengukur kesiapan tim di lapangan. Evakuasi rencanaya menggunakan tim dari unsur laut yang dimiliki oleh Pangkalan TNI AL Denpasar Bali," katanya.

Dikatakan Bimo, Tim penanganan Covid-19 Lanal Denpasar Bali diuji kesiapanya. Bagaimana penanganan pasien positif Covid-19 dari luar yaitu khususnya penanganan yang datangnya dari laut (kapal) yang akan dilakukan penanganan medis di fasilitas kesehatan di Bali.

Evakuasi akan menggunakan fasilitas Alpung yaitu Combat Boat, Catamaran dan Sea Rider Pangkalan TNI AL Denpasar Bali, ujarnya.

Sesuai sekenario kesehatan, menurut Pasiopslat Satgas penanganan Covid-19 Kapten Laut (P) Ketut Pastika dan Ka. BK Mako Lanal Denpasar Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani, saat pasien yang diambil dan keluar dari kapal akan langsung disemprotkan cairan disinfektan.

Kemudian diberangkatkan melalui jalur laut menggunakan Alpung menuju dermaga dan diterima mobil Ambulans dari BK Lanal Denpasar menuju rumah sakit terdekat di Bali sebagai tempat lokasi observasi, tegasnya.

Pelaksanaan simulasi latihan dilaksanakan unsur Satgas Penanaganan Covid-19 Lanal Denpasar berjalan lancar berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh unsur yang terlibat dalam Satgas Penanganan Covid-19 Lanal Denpasar yang bekerja dengan disiplin dan sungguh-sunguh dalam menerapkan instruksi Dansatgas. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi