Ketua Dewan Minta Pemkab Karangasem Bergerak Cepat Atasi Corona

Selasa, 07 April 2020 : 00.30
Ketua DPRD Karangasem Gede Dana bersama anggota dewan lainnya menyerahkan masker ke sejumlah Puskesmas di Karangasem/ist
Amlapura - Dalam mengantisipasi peningkatan kasus positif di Bali Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana meminta Pemerintah Kabupaten Karangasem mengambil langkah cepat dan cermat untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

Penyebaran Wabah Covid-19 yang terus meluas dimana angka kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 2.273 dimana ada penambahan sebanyak 181 kasus. Untuk di Bali, saat ini jumlah kasus positif Covid-19 sudah mencapai 32 orang.

Dalam mengantisipasi peningkatan kasus positif di Bali tersebut, Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, menyebutkan pemerintah Kabupaten Karangasem perlu mengambil langkah cepat dan cermat untuk mengantisipasi penyebaran wabah mematikan itu.

Pihaknya di dewan, akan mendukung berbagai upaya mengantisipasi dan penanggulangan wabah Covid-19 ini dari sisi anggaran. Beberapa hari lalu, Gede Dana bersama sejumlah anggota DPRD Karangasem lainnya menyerahkan bantuan masker ke sejumlah Puskesmas di Karangasem.

Upaya ini dilakukan guna membantu tim medis di kecamatan yang sanhgat membutuhkan masker disamping Alat Pelindung Diri (APD) utama lainnya.

“Kami menyiapkan sebanyak 6000 masker yang nantinya akan kami sumbangkan untuk membantu tim medis di masing-masing Puskesmas,” tegasnya.

Gede Dana bersama anggota dewan lainnya menyerahkan bantuan Masker kepada Puskesmas Abang 1 dan 2, Senin (6/4/2020). Selaku anggota dewan, sengaja turun ke setiap Puskeksmas yang ada di Karangasem, agar bisa berdialog langsung dengan Kepala Pusekesmas.

"Dengan demikian kami mengetahui keluhan mereka apa dalam upaya penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 ini,” ujarnya.

Di Puskesmas Abang 2 Kepala Puskesmas mengakui masih membutuhkan APD untuk penanganan kasus atau pasien dugaan Covid-19, utamanya tim medis mereka yang turun langnsung ke lapangan, baik melakukan pemantauan maupun menjemput pasien dugaan Covid-19 dengan ambulance.

Untuk cadangan masker, masih memiliki sebanyak 10 ribu masker, yang dibutuhkan saat ini adalah APD seperti baju Hazmat untuk tim medis.

"Kami punya 12 APD dari Dinas Kesehatan, dan itu untuk disimpan guna antisipasi jika ada kasus Covid-19,” ujar Kepala Puskesmas Abang 2, dr. Ida Made Ananta Warmadewa.

Pihaknya sudah mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp. 65 Juta untuk penanggulangan Covid-19 Sementara anggaran penaggulanagan, Covid-19, nantinya akan dibahas bersama ekksekutif karena akan ada pergeseran anggaran. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi