Kabarnusa.com dan ACT Bali Bagikan Sembako Warga Terdampak Darurat Corona

Senin, 13 April 2020 : 19.37
Sasaran pembagian paket sembako lebih diutamakan para tukang parkir, ojol, sopir online/pariwisata, security hotel yang sudah dirumahkan juga kepada guru-guru honorer.
Denpasar - Sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab dalam membantu warga kurang mampu di saat kondisi darurat corona, Kabarnusa.com bersinergi bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bali dan Komunitas MT Salsabila melaksanakan operasi pangan gratis bagi warga yang secara ekonomi terdampak akibat darurat corona ini.

Pengurangan aktifitas warga diluar rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona disisi lain berdampak kepada ekonomi masyarakat yang bekerja sebagai pekerja informal seperti pedagang kaki lima, ojol atau driver pariwisata dan tukang parkir.

Pendapatan mereka berkurang drastis terkadang penghasilan yang didapatkan tidak cukup untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Pemimpin Redaksi Kabarnusa.com Rohmat mengungkapkan, kondisi saat ini masyarakat tingkat dilanda kesulitan sebagai dampak corona.

“Kami bersama kawan-kawan ACT Bali serta Komunitas MT Salsabila, berusaha melakukan operasi pangan gratis dengan membagikan sembako sebanyak 50 paket agar bisa sedikit membantu apa yang dibutuhkan masyarakat," tuturnya.

Meski pemerintah mengeluarkan himbauan bahkan akhirnya instruksi agar warga tetap beraktivitas baik bekerja, belajar dan beribadah di rumah, namun tidak bisa dipungkiri masyarakat yang memiliki mobilisasi tinggi mencari nafkah di luar rumah, menjadi hal yang sulit dihindarkan.

Hal itu cukup beralasan, sebab jika mereka berdiam diri di rumah maka penghasilan tidak ada. Jika terpaksa keluar bekerja, penghasilannya pun belum mencukupi karena sedikitnya orang yang keluar rumah.

Koordinator Komunitas MT Salsabila Puji Rahayu menambahkan, operasi pangan ini dilakukan sebagai kolaborasi yang konstruktif antara media siber dan komunitas masyarakat serta lembaga kemanusiaan seperti ACT Cabang Bali.

"Selain memberikan informasi dan edukasi kepada publik, tapi juga melakukan operasi pangan gratis supaya mereka di saat kondisi seperti ini bisa terpenuhi kebutuhan sehari-harinya khususnya makan ini,” ungkap Rahayu.

Sementara, Ketua ACT Cabang Bali, Arif menyampaikan operasi pangan ini dilakukan sebagai upaya membantu masyarakat yang penghasilannya anjlok karena dampak darurat corona.

"Kebutuhan pangan mereka harus kita support, supaya timbul rasa nyaman yang akhirnya terwujudnya solidaritas diantara komponen masyarakat, sehingga rasa aman karena diperhatikan oleh yang lain terwujud," imbuh Arif.

Sasaran pembagian paket sembako lebih diutamakan para tukang parkir, ojol, sopir online/pariwisata, security hotel yang sudah dirumahkan juga kepada guru-guru honorer.

Operasi pangan ini akan dilanjutkan dan berharap banyak elemen masyarakat untuk bisa berkolaborasi bersama dalam menanggulangi dampak darurat covid-19. Dalam aksi sosial kali ini, pihaknya mengirim 50 paket sembako kepada warga di seputaran Kota Denpasar.

"Paket ini terwujud atas support dari Kabarnusa.com yang merupakan mitra media ACT Cabang Bali serta dukungan dari Komunitas MT Salsabila Bali,” demikian Arif. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi