Jalani Karantina di Karangasem, Wabup Artha Dipa Motivasi Pekerja Migran

Jumat, 24 April 2020 : 00.30
Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa/dok
Amlapura -  Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa memotivasi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Karangasem yang saat ini sedang menjalani masa karantina di beberapa hotel berbintang Kamis (23/04/2020).

Motivasi diberikan agar seluruh PMI Kabupaten Karangasem, agar tetap optimis dan percaya bahwa pandemi ini akan berakhir.

"Karantina sementara ini sebagai langkah awal yang dilakukan  Pemkab Karangasem untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19," ucap Artha Dipa didampingi Kalak BPBD, Dinas Kesehatan dan Camat Manggis menuju hotel Nirwana dan Rama Candidasa.

Di Hotel Nirwana terdapat 27 PMI yang di Karantina dengan rincian 3 wanita dan 24 pria , dimana diantaranya merupakan 2 pasangan suami istri. Sedangkan , di Hotel Rama terdapat 21 orang PMI.

Artha mengungkapkan, pemerintah daerah terus berupaya meredam penyebaran covid-19. Diantara cara yang dilakukan guna menekan penyebaran seperti mengurangi mobilitas masyarakat atau menjaga jarak sosial (social distancing).

Termasuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi para PMI asal Karangasem yang harus menjalani Karantina sebelum kembali berkumpul bersama keluarganya masing-masing.

Pihaknya meminta para PMI tetap berfikir positif selama masa karantina. Jangan panik atau mudah terhasut pemberitaan yang belum tentu kebenarannya terutama dari media sosial.

“Karena untuk mendapat jiwa yang sehat maka kita harus berpikir sehat, orang yang selalu berpikir sehat, maka tubuhnya pun akan selalu sehat. Saya mendoakan kita sehat semua dan kita bahagia semua,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Artha mengucapkan terima kasih kepada PMI yang sudah mengikuti himbauan dengan sungguh-sungguh. Ini adalah sebagai bentuk protokol kesehatan yang diambil oleh Pemkab Karangasem guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Karangasem

Dia berharap agar semuanya memakai masker, jangan berkerumun dan tetap rajin berolahraga supaya bisa menjaga kesehatan.

"Selain itu, berpikirlah positif, jangan berpikir bahwa kita dikucilkan. Karena barang siapa yang mengikuti peraturan dengan baik, maka dia akan sehat dan senang,” kata Artha Dipa.

Kepala BPBD Kabupaten Karangasem sebagai Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 mengatakan, saat ini beberapa hotel di Karangasem sudah membuka diri untuk menampung PMI yang sudah datang maupun yang akan datang.

Sudah ada 950 orang PMI yang menjalani karantina mandiri maupun dikarantina oleh Pemerintah Daerah. Sudah ada 4 hotel dengan 85 kamar yang telah menampung 169 PMI.

Pemerintah juga mengusahakan seluruh PMI yang diterima mendapat pelayanan yang baik dan nyaman. Selain PMI, para pegawai karantina juga di tes. Ini semua untuk mengantisipasi penyebaran  dan memastikan para petugas atau pegawai tetap dalam kondisi sehat.

“Sekarang tidak ada lagi yang tidak menerima kedatangan PMI khususnya di Kabupaten Karangasem,” ujarnya. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi