Hendak Mengecek Bau Busuk, Seorang Warga Meninggal Jatuh di Sumur

Sabtu, 18 April 2020 : 19.32
Dilengkapi peralatan SAR air, SCBA, dan alat pendukung lainnya Tim SAR Segera melakukan evakuasi seorang warga terjatuh di sumur /Basarnas Bali.
Gianyar - Agus Priyono (58) warga Banjar Sangging, Desa Gianyar terjatuh ke dalam sumur saat mengecek bau busuk, Sabtu (18/4/2020) siang.

Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar) menerima lapora dari BPBD Gianyar yang menyebutkan saat kejadian, korban bersama saksi mata usai mengangkat bangkai kucing dari dalam sumur.

Diduga korban terjatuh ketika berusaha mengecek ke dalam sumur karena tercium bau busuk.

Saat itu ia turun menggunakan tangga yang panjangnya 3 meter namun tiba-tiba setelah 15 menit berada di dalam sumur, korban teriak minta tolong dan saksi 1 mengulurkan tali.

Korban sempat meraih tali dan mereka berusaha menarik, namun akhirnya korban tak mampu naikm ke atas dan tidak ada pergerakan lagi.

"Diperkirakan waktu kejadian sekitar pukul 15.00 Wita. kami diberangkatkan 5 orang rescuer dari Kantor di Jimbaran pada pukul 15.35 Wita," jelas Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada.

Sekira 1 jam lebih waktu tempuh, akhirnya tim tiba di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan potensi SAR terkait, diantaranya TNI, Polres Gianyar, Polsek Gianyar, Brimob, SAR Samapta Polda Bali, BPBD Gianyar, Babinkamtibmas, Babinsa, PMI serta aparat/masyarakat setempat.

Dilengkapi peralatan SAR air, SCBA, dan alat pendukung lainnya Tim SAR Segera melakukan evakuasi.

"Dua orang personil dari tim SAR gabungan diturunkan mengambil jenasah korban menggunakan peralatan lengkap," ungkap Darmada sembari mengungkapkan, semua dilakukan sesuai SOP karena meminimalkan terjadinya resiko.

Untuk beberapa kasus, kata Darmada, bahaya yang mengancam di kedalaman sumur yakni adanya kandungan gas beracun. Tim usai menuruni sumur dengan kedalaman 10 meter, akhirnya pukul 17.00 Wita korban berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia.

Kemudian, jenasah dibawa menuju RS. Sanjiwani Gianyar dengan menggunakan ambulance PMI Kabupaten Gianyar. (rhm)

Rekomendasi