Cegah Covid-19, PSHT Badung dan Denpasar Gelar Penyemprotan Disinfektan

Minggu, 05 April 2020 : 16.57
Penyemprotan disinfektan warga PSHT digelar di sejumlah lokasi seperti Puri Pemecutan
Denpasar - Pengurus Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kota Denpasar dan Cabang Kabupaten Badung bersinergi melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah lokasi guna mencegah penyebaran virus corona aatau Covid-19.

Kegiatan sosial melibatkan warga PSHT yang didukung Desa Adat Kota Denpasar dan donator digelar di sejumlah lokasi seperti di Puri Pemecutan, Banjar Dalem, Kampung Islam Kepaon, Yayasan Sekolah Al Ma'ruf dan SMK Global TI, Minggu (5/4/2020).

Menggunakan sebuah mobil pikup dan beberapa sepeda motor, para relawan warga PSHT ini membawa alat penyemprot yang telah diisi cairan disinfektan, kemudian menyemprotkan ke halaman, dinding dan benda-benda lainnya sebagai antipasi pencegahan corona.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif tokoh Puri Pemecutan, Ida Cokorde Pemecutan yang turut memantau langsung saat seluruh kawasan salah satu puri berpengaruh di Denpasar itu, disemprot cairan disinfektan.

"Saya apresiasi inisiatif saudara-saudara kami PSHT, saya ucapkan terima kasih, Puri Pemecutan ini bukan milik saya tetapi Anda semua termasuk warga muslim turut memiliki," ucap mantan wakil rakyat ini.

Diakuinya, wabah corona telah menjadi keprihatinan bersama apalagi di Bali dirasakan sangat berdampak terhadap ekonomi rakyat.

"Saya tidak bisa mengajak, semua harus ada niat sungguh-sungguh dari masyarakat sendiri dan pemerintah untuk bersama-sama mengatasi masalah corona, mari kita berdoa kepada Tuhan, sebab itu obat yang paling tinggi selain kerja-kerja secara medis," ucap tokoh yang dekat berbagai elemen masyaraat termasuk warga Muslim itu.

Dia berharap, pemerintah bertindak cepat dan dengan upaya bersama itupula, termasuk aksi penyemprotan disinfektan ini, bisa sedikit banyak mengurangi penyebaran virus tersebut.

Bendesa Adat Kota Denpasar Anak Agung Rai Sudarma juga menyampaikan hal senada, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan berbagai komunitas di masyarakat, termasuk PSHT dalam mencegah virus corona.

Pengurus Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kota Denpasar dan Kabupaten Badung bersinergi melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan
"Saya apresiasi para relawan di PSHT ini betul-betul memiliki jiwa peduli terhadap keberadaan kondisi yang luar biasa ini dengan mewabahnya virus corona, tuturnya.

Pihaknya di desa adat membutuhkan perhatian dukungan seperti dari komunits PSHT yang secara tulus memberikan perhatian demi terciptanya kenyamaan dan kesehatan masyarakat melalui kegiatan penyemprotan disinfektan.

Ketua PSHT Cabang Badung Edi Kuswanto mengatakan, pihaknya memilih Puri Pemecutan diantara lokasi yang disasar karena keberadaan Puri Pemecutan dan PSHT memiliki hubungan yang cukup baik.

PSHT diberikan tempat untuk kegiatan latihan pencak silat yang menjadi cikal bakal lahirnya PSHT Pemecutan Bungsu.

"Penyemprotan ini, bagian dari rasa tanggungjawab kami untuk membantu pencegahan corona, walaupun agama apapun atau siapapun kita, harus pumya rasa tanggungjawab sebagai warga Denpasar untuk mengusir virus corona," sambungnya.

Sedangkan Ketua PSHT Cabang Denpasar Arif Kristanto Putra menambahkan, melalui aksi sosial ini pihaknya juga menghimbau masyarakat agar tetap waspada, jangan panik secara berlebihan dalam menyikapi isu corona.

"Kita tetap menjaga diri, mawas diri, kita tetap menjaga satu sama lainnya," tandasnya. Aksi simpatik PSHT Denpasar dan Badung ini mendapat apresiasi positif dari warga Denpasar seperti disampaikan Miftachur Rohman.

Tokoh Puri Pemecutan, Ida Cokorde Pemecutan bersama warga PSHT Badung dan Denpasar
"Kami mengapresiasi luar biasa atas kegiatan ini, ditengah kondisi seperti ini, di mana masyarakat tengah dilanda kecemasan akibat corona," ucapnya.

Dirinya sebagai masyarakat mengapresiasi kegiatan posiif yang dilakukan PSHT melalui penyemportan disinfektan, tentunya diharapkann dengan adanya kegiatan ini, setidanya bisa memutus berkembangknya virus yang mewabah pada saat ini,

"Kami berterima kasih kepada saudara-saudara kami di PSHT Badung dan Denpasar, harapanya ke depan kegiatan sepeti ini bisa terus konsekeun, tentunya harapan sebagai masyarakat semakin banyak penyemprotan semacam ini," harapnya.

Pihaknya mengajak masyarakat terus berdoa bersama memohon agar virus ini tidak melebar jauh dan segera selesai dalam waktu secepatnya. Rohman melihat kondisi seperti ini, dampak virus corona terhadap semua apsek yang dirasakan masyarakat khususnya di lapisan bawah.

"Mari kita selalu menjaga diri dan lingkungan, jangan panik, jaga kebersihan lingkuhan tentunya dimulau dari diri sendiri, ini bukan semata tanggungjawab pemerintah tetapi tanggungjawab kita semua untuk memerangi virus," tandas warga Monang Maning itu.

Masyarakat diingatkan, agar selalu menjaga kebersihan mengikuti himbauan pemerintah seperti selalu di rumah saja sampai pandemi corona ini benar-benar berlalu.

"Kita harus menjaga pola hidup bersih dan sehat, sering cuci tangan, menggunakan sabun, jangan mengusap wajah jika tangan kotor, karena ini akan berpotensi menyebarkan masuknya virus ke tubuh, jaga stamina biar terjaga imunitasnya, makan makanan sehat, istirahat cukup, kalau tidak penting dan perlu tetap di rumah saja," demikian Rohman. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi