Bakti Sosial Bawaslu Karangasem Dukung Pemenuhan Stok Darah

Kamis, 09 April 2020 : 19.58
Ketua Bawaslu Karangasem, Putu Gede Suastrawan mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan membantu PMI dalam penyediaan darah untuk kepentingan medis/ist.
Amlapura - Memperingati hari ulang tahun Bawaslu ke-12 bakti sosial donor darah digelar Bawaslu Kabupaten Karangasem untuk mensuport (mendukung) upaya Palang Merah Indonesia (PMI) Karangasem dalam pemenuhan stok darah.

Ketua Bawaslu Karangasem, Putu Gede Suastrawan mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan membantu PMI dalam penyediaan darah untuk kepentingan medis. "Dalam acara tadi terkumpul 14 kantung darah,” terang Suastrawan, di donor, Kamis (9/4/2020).

Suastrawan menyatakan, kegiatan donor darah tetap mengacu pada protap pencegahan penyebaran Covid-19 untuk mengurangi volume orang di tempat acara, Sekretariat mengatur kehadiran pegawai.

Sebagian pegawai Bawaslu masuk kantor jam 08.00 sesuai dengan jadwal kegiatan donor, sebagian lainnya masuk jam 09.00.

Selain donor darah, peringatan dikemas sederhana juga diisi dengan potong tumpeng dan persembahyangan bersama. Semua kegiatan berpatokan pada protap pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu dengan psycal distancing.

“Sebelumnya kita juga melakukan donasi, seluruh jajaran mengumpulkan sumbangan sukarela untuk membantu petugas dalam penanganan Covid-19. Pengumpulan donasi dikoordinir Bawaslu Provinsi Bali,” jelas Suastrawan.

Sejumlah pegawai di Lingkungan Pemkab Karangasem juga ikut berpartisipasi. Mereka sukarela setelah mengikuti donor darah. Made Subena Putra, PNS di Lingkungan Pemkab Karangasem mengaku rutin donor tiap dua bulan sekali.

"Kemarin maunya donor di rumah sakit, tapi karena situasinya begini (dalam suasana COVID-19) saya tidak berani ke rumah sakit. Saya dengar ada donor di sini (Sekretariat Bawaslu Karangasem), makanya saya kesini,” ungkap Putra.

dr. I Wayan Satwika Adhikara, S.Ked. dari PMI Karangasem mengapresiasi kegiatan donor darah seraya berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin mengingat kebutuhan darah untuk kepentingan medis sangat tinggi.

“Dalam situasi sekarang ini, dalam melaksanakan kegiatan donor darah kita juga berpedoman pada protap pencegahan penyebaran Covid-19. Ini penting dalam rangka menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus,” imbuhnya. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi