10 Orang PMI Jalani Karantina di Hotel Nirwana Candidasa

Minggu, 19 April 2020 : 17.23
Sekda Karangasem, I Made Darmawa bersama sejumlah anggota gugus tugas lainnya, meninjau ke sejumlah hotel yang menjadi tempat karantina para PMI asal Karangasem, Minggu (19/4/2020)/ist
Amlapura - Sebanyak 10 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru tiba langsung menjalani proses karantina di Hotel Nirwana Candidasa Karangasem

Guna memastikan proses karantina puluhan PMI berjalan lancar, Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karangasem, yang juga Pj Sekda Karangasem, I Made Darmawa bersama sejumlah anggota gugus tugas lainnya, meninjau ke sejumlah hotel yang menjadi tempat karantina para PMI asal Karangasem, Minggu (19/4/2020).

Darmawa Bersama rombongan sebelumnya menuju Pelabuhan Padang Bai, untuk berdialog dengan tokoh adat desa setemat di Wantilan Desa Padang Bai terkait permasalahan yang terjadi dan sempat viral di media sosial.

Pada kesempatan itu Darmawa memberi banyak pemahaman terkait berbagai kebijakan pemerintah dalam hal percepatan penanganan Covid-19. "Saya harapkan berbagai permasalahan miskomunikasi yang sempat terjadi beberapa hari lalu tersebut tidak terjadi lagi," harapnya.

Setelah dari Padang Bai, Darmawa bersama rombongan bergerak menuju Hotel Ramayana, Candidasa. Di hotel berbintang ini terdapat 21 orang PMI yang tengan menjalani Karantina.

Sedangkan tambahan kedatangan sebanyak 10 orang PMI lagi yang tiba untuk menjalani karantina di hotel Nirwana. Darmawa memastikan malah penolakan terhadap PMI karena masyarakat belum mendapatkan pemahaman.

"Kami dari gugus tugas sudah bertemu dengan tokoh masyarakat, kita berikan pemahaman dan sosialiasi terkait penanganan PMI dan ternyata masyarakat bisa menerima dan tidak mempermasalahkan PMI di karantina di Hotel Ramayana,” tegas Darmawa.

Selain Hotel Ramayana, pemerintah juga akan menyewa Hotel Nirwana di Sengkidu sebagai tempat karantina PMI asal Karangasem, termasuk hitel-hotel lainnya yang ada di masing-masing kecamatan di Karangasem.

Kriterianya di hotel tersebut harus ada area terbuka seperti kebun atau lapangan yang cukup luas untuk aktifitas berjemur dann olahraga para PMI. Dari Hotel Ramayana, Candidasa, Darmawa bersama rombongan melanjutkan peninjauan lapangan ke Villa Taman Surgawi, taman Sukasadha Ujung, Karangasem.

Pihaknya berharap proses karantina seluruh PMI baik yang sedang berjalan maupun terhadap PMI yang baru akan tiba, bisa berlangsung dengan lancar hingga penanganan PMI bisa selesai sesuai SOP dari pemerintah pusat. (fik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi