Satgas Covid-19 Bali Mulai Rumuskan Peta Persebaran Kasus Corona

Senin, 30 Maret 2020 : 23.23
Ketua Satgas Penanggulangan Covid 19 Provinsi Bali Dewa Made Indra/dok.
Denpasar - Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali terus mematangkan penyusunan peta persebaran virus corona menyusul telah adanya kasus positif akibat transmisi lokal di Pulau Dewata.

Dalam rilis updatenya, Ketua Satgas Penanggulangan Covid 19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menyebutkan, smpai dengan saat ini kasus Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 146 orang (tambahan 5 orang terdiri dari 5 WNI );

Dari 146 sampel yang telah diuji, telah keluar hasil sampel 109 orang yaitu 90 orang negatif,19 orang positif. Dari sebelumnya terdapat tambahan 9 orang, terdiri 1 WNA dan 8 orang WNI.

Dari 8 org WNI tersebut 3 orang merupakan kasus positif akibat transmisi lokal sedangkan 5 orang penularan dari luar Bali.

"Dengan adanya transmisi lokal ini yang merupakan orang Bali asli maka Satgas Covid19 Bali sedang menyiapkan peta pesebaran kasus di Bali," kata Indra menegaskan.

Mengingat, tolok ukur dari pembuatan peta pesebaran adalah terjadinya transmisi lokal.

Selain itu Gubernur bersama Majelis Desa Adat Provinsi Bali telah membuat Keputusan Bersama tentang Pembentukan Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid19 yang berbasis desa adat.

Sehingga Desa Adat dapat membentuk satgas dengan melibatkan Yowana serta pihak terkait seperti Banbinsa untuk melakuka upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona tersebut termasuk melakukan sosialisasi serta edukasi terhadap masyarakat sebagaimana yang telah diatur dalam surat keputusan tersebut.

Pemprov Bali juga terus melakukan penguatan pada ketersediaan logistik, dimana hari ini sebanyak 8000 pcs alat rapid test kembali didatagkan dan 1000 pcs tambahan APD.

Alat rapid test akan difokuskan terlebih dahulu bagi kelompok-kelompok yang beresiko terpapar virus covid19, seperti para medis yang menangani PDP, petugas yang melakukan screaning dilapangan, tim survailance serta kelompok berisiko lainnya. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi