Mohon Terhindar Corona, Bupati Mas Sumatri Hadiri Doa Bersama di Pura Besakih

Selasa, 10 Maret 2020 : 11.41
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Sekretaris DPW Partai NasDem Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti, Ketua Fraksi NasDem PSI DPRD Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Gede Widiada bersembahyang di Pura Peninjoan, Besakih
Amlapura - Para tokoh dan umat membaur dalam persembahyangan bersama di Pura Peninjoan dan Pura Besakih di Kabupaten Karangasem Bali guna memohon keselamatan alam seisinya serta terhindar dari penyebaran virus corona.

Tampak hadir Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Sekretaris DPW Partai NasDem Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti, Ketua Fraksi NasDem PSI DPRD Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Gede Widiada, para anggota DPRD Karangasem serta jajaran pengurus NasDem dan masyarakat lainnya.

Meski dibawah guyuran hujan deras, tidak menyurutkan langkah umat dan tokoh memanjatkan doa dalam persembahyanhgan yang berlangsung khusyuk dan lancar, Senin 9 Maret 2020 malam.

Persembahayangan di Pura Peninjoan Banjar Batumadeg, Besakih yang merupakan pura tertua dibangun adbad XI itu, berjalan lancar semua umat menggunakan pakain adat mengikuti semua prosesi.

Demikian juga saat di Pura Penataran Besakih sebagai pura terbesar di Bali, prosesi persembayangan pada malam hari itu, tampak khusyuk.

Usai persembahyangan, politisi senior Partai NasDem Anak Agung Ngurah Gede Widiada mengungkapkan, doa bersama ini untuk memohon keselamatan alam Bali agar semua cobaan dan rintangan segera berlalu termasuk virus corona.

Sebagai umat Hindu meyakini, dari sisi spiritual bersembahyang di Pura Peninjoan dan Pura Besakih untuk memohon kerahayuan atau keselamatan bagi Bali dan Indonesia.

Disinggung soal langkah-langkah yang dilakukan Pemkab Karangasem dibawah kepemimpinan Bupati Mas Sumatri bersama jajaran dan masyarakat, Turah Widiada juga memberikan apersiasi yang tinggi.

"Ini langkah nyata Bupati Mas Sumatri, sesuai keyakinan sebagai Hindu, dengan berdoa memohon keselamatan, dengan segala upaya dan keyakinan yang dibangun," tandas Turah Widiada, pelingsir Puri Peguyangan Denpasar ini.

Pada bagian lain, Turah Widiada menyatakan, karena virus corona telah menjadi wabah dan dari aspek kedokteran semua ahli telah berupaya. Demikian juga dengan upaya langkah Pemerintah Provinsi Bali dalam mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Sekretaris DPW Partai NasDem Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti mengatakan, kegiatan ini untuk lebih meningkatkan rasa kepedulian dari sisi spriitual. Bagaimanapun, Bali dikenal Pulau Seribu Pura, banyak umat diharapkan bersama-sama seperti umat Hindu melalui persembahyangan ini.

"Saya harapkan teman-teman berbesar hati, apapun dampak ditimbulkan vorus corona yang cukup santer ini, kita bisa bersama-sama melewati ini, saya harapkan Bali dapat terhindar dari dampak sacara langsung atau tidak langsung virus corona," tegas politikus muda asal Buleleng ini.

Pihaknya menghimbau, sesuai arahan pusat, jangan terlalu panik menghadapi situasi seperti ini. Dimulai menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tetap bersih. Biasakan mencuci tangan, jaga imunitas tubuh agar terhindar dari virus apapun termasuk virus corona.

Soal langkah yang dilakukan Pemkab Karangasem, Nopi menyatakan DPW NasDem apresiasi kepada Bupati Karangasem yang telah cepat dan tanggap merespon isu corona baik dari sisi spiritual dan apapun yang telah dilakukan bagaimana mencegah dampak virus corona dari sisi perekonomian dan pariwisata.

"Kami apresiasi Bupati Karangasem yang cukup cepat tanggap terhadap situasi seperti ini," tandasnya lagi. (rhm)

Rekomendasi