KSP Salurkan Jutaan Masker dan APD untuk Rumah Sakit Hingga Media

Sabtu, 28 Maret 2020 : 15.41
Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko/KSP
Jakarta – Lebih dari sejuta masker sudah disalurkan kepada sejumlah rumah sakit, beberapa ormas hingga organisasi wartawan dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19

Hampir setengah dari jumlah tersebut, diserahkan ke Gugus Tugas Penanganan Wabah Covid-19 di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bahkan dalam pekan ini, Kantor Staf Presiden (KSP) masih akan menerima kiriman 100 ribu masker, 2.000 APD (Alat Pelindung Diri), dan 2.000 kacamata medis.

“Kita akan segera salurkan semua ke BNPB,” kata Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko, di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengaku menerima bantuan itu baik dari sejumlah perusahaan maupun individu. Saat ini pemerintah terus mempersiapkan diri mengantisipasi situasi terburuk yang mungkin terjadi.

Disebutkan, persediaan obat, masker, APD akan banyak dibutuhkan. Semua bantuan itu akan dikoordinasikan dengan BNPB. Hanya saja, untuk mencegah dengan menjaga physical distancing adalah cara paling efektif.

"Setidaknya setiap orang bisa membantu dengan cara itu,” Moeldoko menegaskan. Sebelumnya, KSP menyerahkan bantuan masker untuk tenaga medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, dan ke BNPB pada hari sebelumnya

Saat itu, Moeldoko memberikan apresiasi tinggi pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang terus bekerja keras disaat semua orang diminta bekerja dari rumah atau work from home.

“Mari kita bekerja sama baik pemerintah, swasta, BUMN, akademisi dan semua pihak yang terpanggil untuk saling menguatkan,” kata Moeldoko di depan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo.

Pihaknya juga meminta gugus tugas terus memberikan informasi tata cara memutus rantai penyebaran seperti isolasi mandiri, sosialisasi larangan berkerumun serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Kepala BNPB yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo berterima kasih atas bantuan masker dan sarung tangan yang diberikan KSP.

“Kami terima bantuan ini dan akan dimanfaatkan untuk penanganan wabah,” ujar Doni. Gugus Tugas sendiri terbentuk dari kerja bersama lembaga pemerintah, termasuk KSP di dalamnya," demikian Doni. (ahs)
Bagikan Artikel

Rekomendasi