Kakek Berusia 80 Tahun Tercebur ke Dalam Sumur

Senin, 02 Maret 2020 : 08.23
Badung - Ramuk (80) seorang kakek warga Banjar Batanbuah, Abiansemal, Kabupaten Badung ditemukan meninggal dunia setelah terjatuh ke dalam sumur, Minggu (1/3/2020).

Setelah mendapat laporan adanya insiden itu, pukul 23.55 Wita dari BPBD Badung, Basarnas Bali mengerahkan tim ke lokasi.

"Kami erangkatkan 7 orang rescuer ke lokasi kejadian," jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada dalam keterangannya, Senin (2/3/2020).

Untuk penanganan kejadian di kedalaman tertentu, tim dilengkapi dengan peralatan mountaineering, 2 set SCBA dan alat pelindung diri lengkap. Tibadi lokasi, mereka langsung berkoordinasi dengan warga dan instansi setempat guna mengecek kondisi sumur.

Hal itu dilakukan guna mengetahui resiko-resiko adanya gas beracun yang berbahaya ataupun tingkat kandungan oksigen di kedalaman sumur. Seorang personil diturunkan ke dalam sumur menggunakan peralatan SCBA, sementara seorang lainnya mengawasi dari atas.

Sementara, satu orang lainnya diturunkan dan harus ada yang mengawasi dari atas, untuk safety dan sekaligus memberikan komando pergerakan tim lainnya. "Begitu gambaran sistem kerjanya," ungkap Darmada.

Akhirnya, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban pada pukul 01.35 Wita, Senin (2/3/2020), dalam kondisi meninggal dunia. Selanjutnya jenasah Ramuk dibawa ke rumah duka.

Selain Basarnas Bali unsur SAR lainnya yang terlibat diantaranya Polsek Abiansemal, BPBD Badung, Damkar Badung, Babhinkamtibmas serta masyarakat setempat dan keluarga korban. (riz)

Rekomendasi