Jajaran Lantamal X Dibekali Kamampuan SAR dan Pertolongan Pertama Korban Laka Laut

Kamis, 12 Maret 2020 : 16.14
Jayapura - Personel Lantamal X mendapatkan pembekalan untuk mengasah kemampuan tentang Search and Rescue (SAR) aspek laut. Materi diberikan Lettu Laut (P) Yudhi Dwi Saputra, S.Tr. Han yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Departemen Operasi (Kadep Ops) KAL Kalakay.

Kegiatan dilaksanakan seluruh anggota Lantamal X selepas melaksanakan apel pagi di Lapangan Apel Mako Lantamal X, Kamis (12/03/2020).

Yudhi biasa dipanggil Kadep Ops oleh anggota Satrol Lantamal X ini, memaparkan definisi SAR yaitu kegiatan dan usaha mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah-musibah seperti pelayaran, penerbangan, dan bencana.

Perwira lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2014 ini mengungkapkan tentang organisasi SAR dan fungsinya.

Setiap personel SAR harus memahami area operasi pencarian, mampu membaca peta dan mengoperasikan radar navigasi, menguasai mekanisme teknik pencarian korban dan mempunyai kecakapan dalam komunikasi serta bisa bekerja sama dengan unsur potensi SAR diluar Angkatan Laut.

"Dan yang tak kalah pentingnya adalah setiap anggota SAR harus punya pengetahuan tentang penanganan medis pertama terhadap korban, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia", jelas Yudhi.

Pemateri dari Rumkital dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X, Letda Laut (K) dr. Billy S. somalinggi dan Letda Laut (K) dr. M. Ivan Kurniawan memberikan pembekalan kepada personel tentang standar penangan medis korban kecelakaan laut atau perairan.

Dimulai dari cara mengangkat korban yang masih hidup, bantuan pernafasan sampai korban dimasukan kedalam ambulance untuk di bawa ke Rumah Sakit. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi