Himbauan di Rumah Ditaati, Gubernur Koster Apresiasi Kesadaran Masyarakat Bali

Senin, 30 Maret 2020 : 23.09
Gubernur Bali I Wayan Koster/ist.
Denpasar - Himbauan agar masyarakat lebih banyak di rumah dan ditaatinya himbuan oleh seluruh desa adat dengan tidak melakukan pengarakan ogoh-ogoh saat malam pangrupukan Hari Nyepi mendapat apresiasi yang tinggi dari Gubernur Bali I Wayan Koster.

Rangkaian Hari Suci Nyepi tahun ini memang dalam suasana yang berbeda. Masyarakat Bali menghadapi masalah penyebaran wabah Covid- 19.

"Jadi tidak seperti (perayaan Nyepi, red) biasanya. Saya bersama PHDI dan Majelis Desa Adat mengeluarkan himbauan untuk membatasi tugas pelaksana upacara terkait Hari Nyepi, prosesi Tawur Kesanga, Pengerupukan, dan lainnya," tutur Koster di kediaman dinas, Senin (30/3/2020).

Jumlah pesertanya dibatasi maksimal 25 orang dan astungkara bisa dilaksanakan dengan disiplin. Ini Sangat baik dan patut diapresiasi kesadaran masyarakat dalam menjalankan himbauan kami.

Lalu terkait pengarakan ogoh-ogoh yang biasanya meriah, tahun ini saya himbau juga untuk tidak melakukan pengarakan dan astungkara di lapangan, hampir semua desa adat tidak melaksanakan pengarakan.

"Padahal ogoh-ogoh tersebut telah dibuat secara kreatif dan inovatif oleh para yowana. Ternyata semua disiplin dan tertib melaksakan himbauan," tuturnya.

Untuk itu, Gubernur Koster mengucapkan terima kasih pada masyarakat dan para yowana di seluruh Bali. Kemudian, sehari pascanyepi, 26 Maret lalu ada himbauan untuk tetap berada di rumah, kecuali untuk keperluan mendesak.

Ternyata himbauan ini juga betul-betul dilaksanakan dengan disiplin, bahkan bupati/walikota merespon, dengan menjadikannya instruksi, sehingga (pelaksanaan, red) lebih kuat di lapangan.

Nyaris seperti Nyepi. Responnya sangat baik, meskipun himbauannya diberikan dalam hitungan jam.

"Sebagai Gubernur mewakili pemerintah dan pribadi mengucapkan Hari Suci Nyepi, semoga Nyepi tahun ini jadi momentum mewujudkn visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di masa yang akan datang," demikian Koster. (rhm)

Rekomendasi