Gede Dana: Generasi Muda Harus Diselamatkan dari Bahaya Narkoba

Sabtu, 07 Maret 2020 : 22.04
Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana saat menghadiri sosialisasi penyalahgunaan narkoba dan HIV
Amlapura - Ketua DPRD Karangasem Gede Dana menegaskan generasi muda harus diselamatkan dari segala bentuk penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang lainnya.

Karena itulah, Dana pada sosialisasi Narkoba dan HIV AIDS ini sengaja menyasar kalangan muda. karena mereka ini harus diselematkan dari bahaya Narkoba.

"Sebab kaum muda ini adalah masa depan Negara. Mereka inilah yang akan melanjutkan masa depan bangsa dan negara," tegas Dana saat sosialisasi Narkoba dan HIV AIDS kepada pelajar, mahasiswa dan ormas kepemudaan di Karangasem di aula DPRD Karangasem, Sabtu (7/3/2020).

Dia juga menegaskan, akan bertindak tegas jika ada anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP yang menggunakan narkoba. “Kalau terbukti ada yang berani menggunakan Narkoba, siap siap untuk di pecat,” tegasnya lagi,

Sosialisasi dilakukan dalam rangka HUT PDIP. Selaian itu Dana mengaku sewaktu waktu akan melakukan tes urine terhadap wakil Rakyat Karangasem tersebut. Ini perlu dilakukan agar Dewan bersih dari barang haram itu.

“Jangan sampai kita lakukan sosialisasi dan melarang ada yang menggunakan diantara kita di Dewan,” ucapnya. Khusus bagi kader moncong putih akan ditindak tegas termasuk dengan pemecatan. Dana mengatakan Narkoba kondisinya benar benar memprihatinkan.

Di Karangasem sendiri barang haram tersebut sampai masuk ke Desa Desa. Sementara sosialisasi kemarin di hadiri 500 orang pelajar, mahasiswa dan kalangan muda.

Mreka mndapat penjelasan bahaya Narkoba dan bagimana barang tersebut masuk dari Kepaka BNNK Karangasem AKBP Ketut Artha. Selaian itu untuk HIV AIDS juga diberikan nara sumber dari Dinas Kesehatan, Wayan Sutama.

“Narkoba terkait sekali dengan HIV AIDS,” ujar Artha. Ini rentan untuk pengguna Jarum suntik. Sementara itu menurut Sutama HIV AIDS sendiri tidak hanya kena kepada orang nakal. Namun ada juga orang baik baik tertular virus mematikan tersebut.

Bahkan di India seorang Pandeta kena Virus mematikan ini. Ini terjadi karena Pendeta tersebut menolong orang kecelakaan dan ada luka di tanaganya. Selang beberapa tahun yang bersangkutan sakit dan ternyata terkena AIDS.

Hal ini sempat mengejutkan beberapa kalangan karena yang bersangkutan kerjanya hanya meditasi dan nyurya sewana namun kenapa malah kena AIDS. Ternyata penularanya tersebut dari darah karena tangan terluka atau luka baru.

Diketahui HIV AIDS menular melalui air mani, cairan vagina dan darah. Sementara kalau kontak lewat keringat dan yang lainya tidak ada masalah.

Lewat pisau cukur juga menurut Sutama relative aman karena pisau tersebut sempat dihentikan atau ada jarak penggunaanya tidak langsung antre. Sebab virus tersebut akan mati atau cepat mati. Penularan paling besar virus ini adalah melalui Hatero seksual.

Sementara dari jarum suntik ada. Karena itu jarum tattoo juga harus di waspadai dan benar benar dalam kondisi steril. Kunci agar tidak tertular HIV AIDS adalah setia pada pasangan dan tidak menggunakan Narkoba suntik. (nik)

Rekomendasi