Gagasan Pemuda Bali Ajak Generasi Milenal Peduli Lingkungan

Selasa, 03 Maret 2020 : 23.00
Gagasan Pemuda Bali menggelar Diskusi Hangat #4 dengan mengambil tema “Menelisik Persoalan Lingkungan Dari Berbagai Perspektif” di Warung Bencingah Denpasar/ist
Denpasar - Masyarakat utamanya generasi muda milenial untuk lebih peduli terhadap lingkungan alam terutama dalam membantu menangani permasalahan sampah plastik.

Hal itulah yang disuarakan Gagasan Pemuda Bali menggelar Diskusi Hangat #4 dengan mengambil tema “Menelisik Persoalan Lingkungan Dari Berbagai Perspektif” di Warung Bencingah Denpasar, Minggu, 1 Maret 2020.

Dalam diskusi ini, GADA selalu konsisten menekankan aksi, edukasi, solusi menghadirkan 3 pemateri Efraim Mbomba Reda selaku Aktivis PMKRI, Made Ferry Kurniawan selaku Akademisi/Sosiolog dan Ida Bagus Gede Adhitya selaku praktisi lingkungan dengan moderator Wakil Ketua GADA Arya Gangga.

Efraim menegaskan jika membahas lingkungan dengan sendirinya berbicara sebuah kepekaan dan kepekaan itu sendiri adalah sebuah cinta. Ia mengatakan,kepedulian Lingkungan terutama dalam sudut pandang aksi itu berarti representasi ketulusan yang diperjuangkan.

Sementara, Ferry Kurniawan mengajak GADA dan masyarakat agar berpikir akademis. Apa yang diperjuangkan saat ini merupakan investasi ekologi masa depan.

"Generasi penerus harus memiliki rasa terimakasih terhadap perjuangan kawan-kawan Gada yang telah konsisten memperjuangkan persoalan lingkungan terutama masalah sampah plastik," katanya.

Praktisi Lingkungan Ida Bagus Gede Adhitya mengingatkan sebagai generasi millenial harus paham apa yang dikatakan masyarakat terutama dalam sebuah aksi lingkungan.

"Kita patut memperhatikan Tri Wangsa di Bali, Tri Wangsa," tandasnya. Dia menekankan pentingnya pelibatan institusi pendidikan, pemerintah dan industri dalam gerakan ini.

Ida Bagus Adhitya juga selaku Owner SIOTONK (Sistem Informasi Online Tempat Olahan Organik) menginginkan GADA dan seluruh peserta memulai pergerakannya dari hal yang paling sederhana, dari diri sendiri hingga sekolah-sekolah agar penyadarannya terasa massiv.

Ketua GADA I Gusti Putu Putra Mahardika menyampaikan, acara ini merupakan murni panggilan hati nurani. "Ini merupakan bukti wujud masih banyak Generasi muda yang peduli dengan alam dan lingkungan sosial kita, ucapnya.

Demikian juga, keberadaan Komunitas Gagasan Pemuda ini terbentuk dari Gagasan – GGagasan jiwa muda yang menjadi satu kesatuan yang terdiri dari elemen mahasiswa dan pemuda.yang menuangkan ide dan gagasan dalam suatu wadah “Gagasan Pemuda Bali ( GADA Bali ) “.

Adanya program kerja Diskusi hangat (DIINGAT #4) untuk memberikan ruang dialektika kepada generasi muda Bali untuk bertukar pikiran. Menyatukan visi dan misi untuk tetap konsisten dalam menjaga alam dan lingkungan sosial

Arya Gangga selaku Wakil Ketua GADA mengharapkan seluruh peserta diskusi mengaplikasikan serta mengajak masyarakat agar sama-sama menyadari persoalan bersama terutama masalah lingkungan. (rhm)

Rekomendasi