Dubes Surati Gubernur Bali Minta Dibukakan Akses Kepulangan Warga Rusia

Kamis, 26 Maret 2020 : 18.56
Gubernur Bali I Wayan Koster/dok.
Denpasar - Gubernur Bali I Wayan Koster memerintahkan aparat keamanan desa adat dan pecalang segera membuka akses jalan bagi warga negara asing asal Rusia yang hendak pulang ke negaranya melalui bandara.

Surat Gubernur Bali itu dibuat dengan klasufikasi sangat mendesak sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Dinas Komunikasi dan Informasi Pemprov Bali, I Gede Pramana, Kamis (26/3/2020).

Dalam surat itu ditujukan Kepada Aparat Keamanan, Bandesa Adat,dan Pacalang se-Bali.

Seperti diketahui, sehari pascahari Nyepi, aparat keamanan dan desa adat menutup akses jalan kabupaten dan kota menindaklanjuti imbauan gubernur, agar warga tetap di rumah, dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Banyak warga yang terhalang tidak bisa beraktivitas keluar rumah akibat penutupan askses jalan.

Gubernur Bali menyatakan pihaknya mendapat surat dari Yang Mulia Duta Besar Russia di Jakarta telah mengirim memohon agar warganya sekitar 500-an orang akan kembali ke Russia pukul 20.55 Wita melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

"Sehubungan dengan itu agar diizinkan keluar dari hotel melintasi jalan menuju bandara," demikian isi surat Dubes Rusia.

Karenanya, Gubernur Bali meminta kepada aparat keamanan, Bandesa Adat, dan Pacalang, di wilayah mana pun hotel tempat warga Russia itu menginap, agar mengizinkan warga tersebut keluar melewati jalan menuju bandara.

Aparat diminta tidak boleh menghambat agar warga asing itu bisa sampai di bandara tepat waktu dan bisa terbang sesuai jadwal. (rhm)

Rekomendasi