Diangkut KRI Makassar-590, 115 Taruna AAL Jalani Pelayaran Pra Jalasesya

Selasa, 17 Maret 2020 : 15.00
Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto beserta Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, melepas para Taruna AAL di Dermaga Madura, Koarmada II, Surabaya/ist
Surabaya - Sebanyak 115 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-68 berangkat melaksanakan Latihan Praktek pelayaran Pra Jalasesya tahun 2020.

Mereka dilepas dengan upacara militer di Lapangan Banda, Kesatrian Akademi Angkatan Laut (AAL), kemudian dengan menaiki KRI Makasar-590, Selasa (17/3/2020).

Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto beserta Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, melepas para Taruna AAL di Dermaga Madura, Koarmada II, Surabaya, Senin (16/3/2020).

KRI Makassar-590 yang mengangkut mereka, 102 orang di antaranya adalah Taruna dan 13 orang lainnya adalah Taruni ini, adalah latihan pengenalan pelayaran program tetap AAL tahun 2020.

Rencananya, pelayaran menempuh rencana rute perjalanan yakni Surabaya – Balikpapan – Palu – Surabaya selama 14 hari.

Selama melaksanakan Lattek Pra Jalasesya, para Taruna dan Taruni akan dikenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan, seperti Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD) dan Tradisi Khas TNI AL.

Selain itu, data-data teknis serta deskripsi kapal dan jenis peran-peran di KRI, alat-alat kebaharian, dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem keselamatan di kapal.

"Tujuan Lattek ini adalah untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL," kata Pangarmada II Laksda Kusmanto.

Dijelaskan, kehidupan dinas dalam di KRI pada saat berlayar, serta membentuk karakter sebagai prajurit matra laut, dimana tidak sekadar bisa diceritakan, namun harus dilakukan dengan menembus ruang dan waktu serta kegiatan secara langsung. (rhm)

Rekomendasi