Cegah Corona, Pemerintah Diminta Siapkan Thermal Scanner di Semua Bandara

Rabu, 11 Maret 2020 : 08.05
ilustrasi, petugas melakukan pemeriksaan penumpang dengan alat pendeteksi tubuh thermal scanner/dok
Jakarta - YLKI meminta pemerintah, khususnya Kemenkes RI, Kemenhub RI, dan managemen PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II segera menyediakan thermal scanner di setiap terminal keberangkatan, baik domestik atau internasional, di semua bandara di Indonesia.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLK) Tulus Abadi dalam siaran pers, Rabu 10 Maret 2020, mengungkapkan, hinga kini persebaran virus corona COVID-19 makin bertambah luas.

Salah satu media yang efektif untuk persebaran/penularan adalah transportasi udara. Mengingat transportasi udara sangat erat kaitannya dengan mobilitas internasional, penumpang lintas negara.

Pemerintah harus menyediakan thermal scanner di setiap terminal keberangkatan, baik domestik atau internasional, di semua bandara di Indonesia. Hal ini penting untuk melindungi konsumen/penumpang lainnya dari kekhawatiran keterpaparan virus Covid-19.

"Langkah ini, akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua penumpang, termasuk cabin crew pesawat," katanya menegaskan. Saat ini pemerintah baru memasang thermal scanner pada area keadatangan internasional saja.

Bandingkan dengan Singapura, Hongkong dan kota-kota di China yang sudah menyediakan thermal scanner di semua terminal keberangkatan domestik/internasional, sejak virus Corona merebak.

Jika hal ini dilakukan secara masif, bukan hanya melindungi penumpang dari potensi terpapar/tertular virus Corona saja, tetapi juga untuk mendorong masyarakat tetap bepergian/bermobilitas, dengan tenang, aman dan nyaman. (rhm)

Rekomendasi