Antisipasi Corona, Tutup Tempat Wisata Langkah Gubernur Anies Sudah Tepat

Sabtu, 14 Maret 2020 : 21.00
Ilustrasi penggunaan masker untuk menekan risiko terinfeksi virus corona Wuhan, China. (Shutterstock)
Jakarta- Langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menutup tempat wisata dan meliburkan sekolah dinilai sudah benar dan tepat sebagai antipasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Tindakan itu, salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan persebaran virus Corona/Covid-19 adalah menghindari kerumunan-kerumunan masa, tempat-tempat publik.

"Penutupan tempat wisata dan meliburkan sekolah di area Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta adalah langkah yang benar, dan karena itu patut diapresiasi dan didukung," kata Ketua Pengurus Harian YLKI  Tulus Abadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/3/2020).

Bahkan harus dipikirkan untuk lengkah serupa pada tempat-tempat publik lainnya. Mengingat potensi keterpaparan virus Corona di Jakarta, makin membesar.

Soal masa libur  sekolah selama dua minggu itu, YLKI meminta orangtua mengawasi anak-anaknya agar tetap belajar di rumah dan tidak bermain di tempat tempat umum yang berisiko tinggi.

"Kita tidak berharap Kota Jakarta dan bahkan Indonesia mengalami outbreak (ledakan) kasus Corona, seperti di negara lain, khususnya di Italia," ungkapnya.

Sungguh besar ongkos dan dampak sosial ekonominya jika hal ini terjadi di kota Jakarta, apalagi Indonesia.

Untuk itu, semua pihak harus bahu membahu #MelawanVirusCorona. Pemerintah harus lebih transparan dan kooperatif dengan warganya, demi keselamatan bersama. (riz)


Bagikan Artikel

Rekomendasi