Warga Karangasem Mulai Ikuti Sensus Penduduk Berbasis Online

Sabtu, 15 Februari 2020 : 17.21
Karangasem -  Warga Kabupaten Karangasem Bali sudah mulai  melaksanakan sensus penduduk berbasis online dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana siang ini, menjadi orang pertama yang mengisi data sensus penduduk berbasis online tahun 2020 di Kabupaten Karangasem yang dimulai, Sabtu (15/02/2020).

Pengisian dilakukan dirumahnya, Jalan Banteng, Gang Banteng 3 nomor 3, Lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Karangasem dipandu oleh tiga orang petugas dari Badan Pusat Statistik Karangasem.

"Ini bagus sekali ada kemajuan mengikuti teknologi, nanti semua akan berbasis teknologi, kalo tidak sekarang kapan lagi kita mulai, pengisian gampang tinggal ikuti aja dan juga fleksibel bisa diisi kapan saja," ujar Dana.

Salah seorang petugas Badan Pusat Statistik Karangasem, Nyoman Wisma Suardhita, mengatakan pihaknya menyasar tokoh Karangasem untuk melakukan sessus penduduk berbasis online ini dengan harapan nantinya bisa dijadikan sebagai contoh oleh warga Karangasem yang lainnya.

Pada sensus online, BPS sengaja menyasar tokoh masyarakat untuk mengawali agar bisa dijadikan sebagai contoh yang lainnya.

Dalam sensus berbasis online ini, masyarakat diberikan kebebasan dimana setelah login ke alamat website sensus.bps.go.id bisa diisi langsung dengan nomor KK dan NIK yang ada di Kartu Keluarga serta mengisi kolom tentang data diri masing - masing.

Sensus online di Kabupaten Karangasem ini dimulai  15 Februari 2020 sampai dengan tanggal 31 Maret 2020.

Tak hanya sesus online, setelah tanggal 31 Maret, nanti pada bulan Juli akan dilakukan sensus wawancara langsung untuk mengakomodir warga yang tidak bisa melaksanakan sensus via online seperti lansia dan yang tempat tinggalnya masih kesulitan signal internet.

"Ada dua tahap,yaitu sensus online dan sensus wawancara,  Onlinenya 15  februari samapi 31 Maret 2020 mendatang"


"Untuk sensus wawancara nanti akan berlangsung pada bulan Juli selama satu bulan lamanya," imbuhnya. (Fik)

Rekomendasi