Tim Ombudsman Perwakilan Bali Sambangi Tabanan

Senin, 03 Februari 2020 : 20.57
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari Kepala Ombudsman Bali Umar Ibu Alkhatab
TABANAN –  Tim Ombudsman Perwakilan Daerah Bali dipimpin Kepalanya Umar Ibnu Alkhatab melakukan kunjungan kerja menyambangi Kabupaten Tabanan, Senin (3/2/2020)

Tim Ombudsman Bali diterima Bupati Tabanan Ni Putu  Eka Wiryastuti, didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tabanan I Made Agus Harthawiguna, Inspektur Tabanan I Gede Urip Gunawan, dan Kepala Bagian Organisasi I GN. Suarya, di Ruang Kerja Bupati, Senin

Pada kesempatan tersebut, Umar mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan partisipasi Pemkab Tabanan selama ini, karena telah melaksanakan pelayanan publik dengan sangat baik.

Dikatakannya, guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dan sebagai pelaksanaan PP No. 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, Ombudsman RI mendorong penyelenggaraan pelayanan publik mematuhi amanat UU NO. 25 Tahun 2009.

Sehubungan dengan hal itu, Ombudsman RI melaksanakan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik terhadap standar pelayanan publik, yang akan menjadi acuan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Penilaian kepatuhan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun sejak tahun 2015.

"Hasil penilaian menunjukkan kepatuhan Pemerintah Pusat cenderung mengalami peningkatan, sedangkan beberapa Pemerintah Daerah masih perlu melengkapi standar pelayanan publik dengan menyediakan informasi mengenai biaya, prosedur, jangka waktu dan kepastian hukum perizinan investasi," papar Umar

Menurutnya, Pemkab Tabanan masih perlu melakukan  beberapa hal  yang perlu dimaksimalkan lagi. Di antaranya  melakukan evaluasi terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih di bawah standard dan memberikan reward kepada OPD yang kinerjanya bagus.

“Upaya pelayanan yang telah baik tetap dipertahankan dan yang belum mari kita perbaiki. Karena masih saja ada beberapa OPD yang perlu di adakan perbaikan  untuk memaksimalkan hasil yang kita harapkan,” katanya.

Terkait sejumlah masukan dari Ombudsman, Bupati Eka menyatakan rasa syukur dan terima kasih. Bupati mengatakan, pentingnya komunikasi untuk memperbaiki dan mengevaluasi apa yang kurang baik dan meningkatkan apa yang sudah baik.

“Di sini kita melanjutkan pentingnya komitmen dengan memperbaiki apa saja yang masih kurang, karena Saya tidak mau kita  turun lagi. mengingat begitu banyak yang telah kita lewati. Mari jaga kerpercayaan yang telah di berikan kepada kita,” katanya.

Bupati Eka menambahkan, masa kepemimpinannya akan segera berakhir dan akan ada pemimpin yang baru untuk menjalankan pemerintahan di Tabanan. Untuk itu, Ia meminta kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan agar melakukan yang terbaik untuk Tabanan.

“Lakukan yang terbaik untuk Tabanan. Mau siapapun yang akan memimpin Tabanan kedepan jangan sampai dilepas, karena Tabanan memliki masyarakat yang sangat luar biasa,” pungkasnya. (gus)

Rekomendasi