Destinasi Wisata Selam Bali, Eks KRI SRI-352 Segera Ditenggelamkan

Selasa, 11 Februari 2020 : 16.24
Bupati Karangasem Bali, I Gusti Ayu Mas Sumantri memimpin rapat rencana penenggelaman Kapal Perang Ex TNI-AL (KRI Slamet Riyadi-352)/ist
Karangasem - Kapal Perang Ex TNI-AL (KRI Slamet Riyadi-352) rencananya ditenggalamkan untuk menjadi destinasi wisata selam di Kabupaten Karangasem, Bali.

Guna mempersiapkan hal itu, digelar pertemuan dihadiri Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Bali, Lantamal V Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo di Ruang Rapat Bupati Karangasem Jalan Ngurah Rai No.31, Karangasem, Selasa (11/2/2020).

Bupati Karangasem Bali, I Gusti Ayu Mas Sumantri menyampaikan ucapan terima kasih terhadap pemerintah dalam hal ini TNI AL yang telah mengabulkan permohonan Pemda Karangasem tentang pemanfaatan kapal-kapal perang eks TNI AL untuk ditenggelamkan di perairan Kabupaten.

Hal itu dimaksudkan sebagai sarana untuk destinasi pariwisata bawah air.

"Tujuan ke depan dapat meningkatkan destinasi pariwisata bawah air serta dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat di Bali pada umumnya dan Kab. Karangasem pada khususnya," tutur Ayu Mas.

Dalam penyampaiannya TNI AL, Saat ini, terdapat 8 kapal TNI-AL yang rencananya akan dimanfaatkan untuk museum dan spot diving.

"Diperlukan kerja sama dari semua Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah terkait untuk mempercepat proses dan merealisasikan rencana tersebut," ujar Danlanal Sutopo.

Rapat koordinasi, membahas hal-hal antara lain sebagai berikut : Kapal-Kapal Perang Ex TNI-AL dan Rencana Pemanfaatanya.

Rencana Lokasi Pemanfaatan dan beberapa potensi/manfaat dari penenggelaman kapal yaitu untuk perikanan, konservasi, riset mutltidisiplin, dan untuk dijadikan destinasi wisata bawah air.

Juga, rencana lokasi penenggelaman Kapal-Kapal Perang Ex TNI-AL, Proses survey lokasi, Proses Docking, Pergeseran, Penenggelaman dan Rencana Kalkulasi Biaya Penenggelaman Kapal-Kapal Perang Ex TNI-AL.

Dari hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan selama dua hari, TNI AL dan Pemkab. Karangasem akan menyampaikan hasil rapat ke tingkat komando atas untuk tindak lanjut serta penentuan jadwal penenggelaman eks KRI SRI – 352 di Kabupaten Karangasem. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi