Curah Hujan Tinggi, Marinir Diterjunkan ke Bantaran Kali Surabaya

Kamis, 20 Februari 2020 : 14.08
Aksi dalam rangka mengantisipasi curah hujan yang tinggi di wilayah ini. Pembersihan difokuskan pada beberapa titik sepanjang  bantaran kali Jati Purwo di wilayah Kota Surabaya/ist 
Surabaya- Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan  (Yonmarhanlan) V Surabaya dipimpin Dankima Yonmarhanlan V Kapten Marinir Suprapto bersama masyarakat sekitar melaksanakan Bersih-Bersih Kali Jati Purwo Ujung Perak Surabaya.

Aksi dalam rangka mengantisipasi curah hujan yang tinggi di wilayah ini. Pembersihan difokuskan pada beberapa titik sepanjang  bantaran kali Jati Purwo di wilayah Kota Surabaya  dimulai dari sebelah jembatan Semampir sampai dengan pos Wonosari DBAL Ujung Surabaya, Kamis (20/2/2020).

Para marinir, bahu membahu bersama masyarakat sekitar dengan menggunakan peralatan seadanya bahkan ada sebagian hanya bermodalkan tangan kosong  menarik sampah dari atas kali kemudian diangkut truk.

Sampah yang berserakan dikumpulkan oleh personel bersih-bersih kali, dikumpulkan untuk dibuang ke TPA. 

Prajurit Yonmarhanlan V menggunakan peralatan yang lain seperti sabit keranjang, gerobak sampah, karung goni dan lain-lain.

"Kegiatan ini diharapkan agar masyarakat sekitar bantaran kali Jati Purwo Ujung tidak membuang sampah sembarangan," harap Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, saat memimpin giat bersih – bersih Bantaran Kali Jati Purwo.

Ichsan mengatakan Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan membuat sungai semakin dangkal dan sempit sehingga kesulitan menampung air hujan yang berakibat timbul banjir.

"Mari budayakan membuang sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan kali agar terhindar dari bencana banjir," ajaknya. (riz)

Rekomendasi