Cok Ace: Generasi Muda Makin Cintai Pelestarian Aksara Bahasa dan Sastra Bali

Jumat, 28 Februari 2020 : 08.07
Wagub Bali Cok Ace mengapresiasi kalangan generasi muda yang makin mencintai dan serius mendukung upaya pelestarian aksara bahasa dan sastra Bali/ist.
Denpasar- Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengungkapkan kalangan generasi muda dari kota hingga desa makin menunjukkan kecintaan dan keseriusan mendukung upaya pelestarian aksara bahasa dan sastra Bali.
 Karena itu, pihaknya mengapresiasi kalangan generasi muda yang makin mencintai dan serius mendukung upaya pelestarian aksara bahasa dan sastra Bali.

Wagub Cok Ace menyampaikan itu pada penutupan Nolan Bahasa Bali Tahun 2020 Di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali, Kamis (27/2/2020).

“Terima kasih atas dukungan seluruh peserta, pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat yang telah beri usul saran sehingga pelaksanaan bulan bahasa tahun ini berjalan lancer,” katanya.

Ditambahkan Cok Ace, pelaksanaan Bulan Bahasa Bali merupakan implementasi dari Pergub Nomor 80 Tahun 2018 Tentang. menerbitkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Pergub ini merupakan payung hukum dan bukti keseriusan Pemprov Bali dalam upaya pelestarian bahasa, sastra dan aksara bali.

Dia bangga karena Bulan Bahasa Bali yang pelaksanaannya memasuki tahun kedua mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat, khususnya kalangan generasi muda.

Hal ini terbukti dari makin banyaknya peserta yang mengikuti berbagai lomba yang digelar serangkaian pelaksanaan Bulan Bahasa Bali.

"Hal ini membuktikan bahwa kalangan generasi muda dari kota hingga desa makin menunjukkan kecintaan dan keseriusan mendukung upaya pelestarian aksara bahasa dan sastra Bali,” tandasnya.

Menurut Cok Ace, sebanyak apapun punya lontar, tak akan ada manfaatnya bila tidak bisa membaca. Ibarat tumbuhan yang tidak akan bisa berkembang bila akarnya tak bisa kita jangkau. Diharapkan Bulan Bahasa Bali tahun mendatang pelaksanaannya bisa makin bagus.

Kadisbud Provinsi Bali Dr. I Wayan AdnyanaS.Sn menyampaikan, Bulan Bahasa Bali 2020 yang mulai dilaksanakan pada 1 Pebruari lalu sudah berjalan lancar. Hal ini membuktikan besarnya perhatian gubernur yang didukung bupati/walikota dan krama se-Bali.

Dukungan terhadap pelaksanaan Bulan Bahasa Bali menjadi bukti bahwa masyarakat Bali ingat pada bahasa dan Sastra Bali. Semua kegiatan mulai dari pertunjukan dan lomba diikuti antusias oleh seluruh peserta.

Cok Ace menganugerahkan Bali Kerthi Nugraha Mahotama kepada Ida Bagus Sunu Pidada, seorang satrawan dari Griya Pidada Klungkung yang mengabdikan hidup pada upaya pelestarian Sastra Bali. Ia aktif menyali  isi lontar ke buku agar lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Selain itu, diserahkan piagam penghargaan kepada pemenang berbagai lomba yang dilaksanakan serangkaian Bulan Bahasa Bali 2020.

Penutupan Bulan Bahasa Bali 2020 ditandai dengan pemukulan gong dan diakhiri dengan pementasan sendratari Begawan Domya. (riz)

Rekomendasi