Antisipasi Kecelakaan Jalan Raya, Bikers Honda Dibekali Ilmu “First Aid”

Minggu, 23 Februari 2020 : 10.07
Traning bagi Komunitas Honda Bike Bikres di Astra Motor Cokroaminoto Denpasar/Astra Motor Bali
Denpasar –Mengantisipasi kecelakaan jalan raya Komunitas Honda Big Bike  dibekali dengan ilmu pengetahuan "first aid" pertolongan pertama dan keselamatan berkendara safety riding.

Insiden di jalan raya terkadang dialami dan datang secara tiba-tiba, banyak korban jiwa yang seharusnya bisa dicegah jika diberikan bantuan darurat dilokasi kejadian sesegera mungkin.

Komunitas Honda Big Bike yang notabene pengguna motor di atas 500cc , tidak menutup kemungkinan mengalami atau melihat terjadinya insiden di jalan raya.

Berdasarkan hal tersebut Astra Motor Bali memberikan kesempatan dan mengajak konsumen Honda Big bike juga komunitas Honda lainnya untuk mendapatkan training dan sharing mengenai “First Aid” dan juga safety riding.

Kegiatan digelar Sabtu 22 Februari 2020 di Gedung Astra Motor Cokroaminoto yang diikuti 25 bikers.

Dalam training yang dibawakan oleh dr. Harry Susantha, FCCS.MBRC training dari Integra Medical Service, menyampaikan materi mengenai DRSC (Danger, Respon, Seek for help, Cek sirculasi).

Dalam pemaparannya, hal pertama yang harus dipersiapkan ketika melakukan perjalanan touring adalah memastikan no telp rumah sakit di kota mana yang akan dikunjungi serta informasi BPBD (Badan penanggulanagn Bencana Daerah).

Jika sewaktu-waktu melihat insiden kecelakaan atau orang terdekat yang mengalaminya, beberapa cara mengatasinya di sharingnya oleh dokter Harry dengan gaya pemaparan yang sangat simple.

Selain teori, agar peserta semakin memahami juga dilakukan roleplay yang dibagi menjadi 2 kelompok. Antusias peserta training terlihat dari roleplay yang dilakukan sesuai dengan teori yang sudah disampaikan.

Kegiatan ini sebagai tambahan ilmu untuk konsumen Big Bike dan komunitas Honda yang prioritas aktivitasnya adalah touring dan jelajah jalanan.

Big Bike Manager Astra Motor Bali Arki Prayogi mengungkapkan, insiden di jalan raya sering ditemui dan tindakan melakukan pertolongan kepada orang merupakan perbuatan mulia.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mempelajari cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.

"Karena sekecil apa pun pertolongan yang bisa dilakukan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya,”uangkapnya.

Pada sesi penutup, team safety riding Astra Motor Bali merefresh kembali mengenai edukasi safety riding untuk konsumen Big Bike sekaligus memberikan tagline #Cari_ Aman dulu, lalu cari kasih sayang.

Jalanya pertemuan berlangsung interaktif terutama saat sesi sharing pengalaman peserta yang pernah menolong orang yang mengalami kecelakaan dan sharing mengenai pengalaman selama berkendara dijalan raya. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi