YLKI Buka Pengaduan Konsumen Soal Pelayanan Transjakarta

Kamis, 09 Januari 2020 : 10.41
Jakarta - Posko Pengaduan Konsumen Transjakarta, selama satu bulan penuh telah dibuka Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Dibukanya Posko tak lepas dari bentuk komitmen Transjakarta, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pelanggan.

Sebagai angkutan masal berbasis jalan raya, Transjakarta makin eksis dan makin digandrungi warga Jakarta. Terbukti jumlah penumpang yang terangkut per harinya mengalami peningkatan signifikan, yakni dengan rerata 850 ribu penunpang per harinya.

Bahkan pernah dalam satu hari tertentu mencapai angka 990 ribuan. Ini menunjukkan Transjakarta sebagai moda transportasi masal semakin efisien untuk moda transportasi warga Jakarta, bahkan warga Jabodetabek.

"Apalagi setelah Transjakarta membangun konektivitas dengan angkutan feeder/pengumpan, bernama Jaklingko," jelas Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam siaran pers, Kamis (9/1/2020).

Namun demikian, bukan berartu performa pelayanan Transjakarta tak ada kekurangannya. Tentu saja masih banyak, dan managemen Transjakarta wajib hukumnya untuk terus meningkatkan pelayanan pada penggunanya.

"Mata dan telinga konsumen sebagai pengguna Transjakarta tentu lebih awas dan teliti guna menemukan berbagai bentuk kekurangan," sambung Tulus.

Karenanya, YLKI bekerja sama dengan PT Transjakarta membuka "Posko Pengaduan Konsumen Transjakarta", selama satu bulan penuh di bulan Januari 2020. Tulus menjelaskan, Posko ini bertujuan untuk menampung berbagai bentuk keluhan/pengaduan Transjakarta.

Keluhan dan pengaduan ini bukan saja akan ditindaklanjuti, tetapi juga sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan Transjakarta.

Keluhan dan pengaduan tersebut juga akan ditindaklajuti dalam sebuah forum dialog yang melibatkan konsumen, managemen PT Transjakarta, regulator, dan stakeholder lainnya.

Keluhan dan pengaduan konsumen bisa juga disampaikan langsung ke *kantor YLKI: Jl. Pancoran Barat VII No. 1 Duren Tiga, Jaksel, 12760, tlp. 021.7971378.*

"Keluhan dan pengaduan konsumen akan sangat bermakna bagi managemen Transjakarta untuk meningkatkan pelayanan, sehingga Transjakarta sebagai angkutan masal akan semakin handal, dan manusiawi bagi penggunanya," demikian Tulus. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi