Wagub Bali Tegaskan Kerukunan Antarumat Beragama Penting Menunjang Kunjungan Wisatawan

Minggu, 05 Januari 2020 : 09.38
Wagub Bali Cok Ace saat membuka jalan santai kerukunan serangkaian Hari Amal Bhakti ke-74 Kemenag di Denpasar/ist
Denpasar - Kerukunan antarumat beragama seperti di Bali memiliki arti penting dalam menunjang kunjungan dan kenyamanan wisatawan yang berlibur di Pulau Seribu Pura.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), saat menghadiri acara jalan santai kerukunan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia, di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (5/1/2020).

Cok Ace menyampaikan, keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan bangsa ini ke depan.

Indonesia yang berdasar Pancasila, bukan hanya memberi jaminan mengamalkan ajaran agama di lindungi negara, bahkan kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

"Hal ini mengandung makna bahwa negara secara aktif melindungi hak dan kewajiban beragama dalam masyarakat serta kemerdekaan beribadah bagi setiap pemeluk agama," tuturnya.

Karenanya, tokoh Puri Ubud ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama mengingat kerukunan umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi bangsa.

"Kerukunan antarumat beragama harus kita pupuk dan jaga, dengan rukun dan damai kita akan dapat membangun negara, terlebih bagi Bali yang daerah pariwisata, kerukunan menjadi hal yang sangat penting dalam menunjang kunjungan wisatawan," katanya menegaskan.

Pihaknya mengajak semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan koordinasi serta sinergitas dalam rangka mewujudkan kehidupan beragama yang baik dan kondusif.

Dalam kesempatan sama Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali I Nyoman Lastra dalam laporannya menyampaikan dalam peringatan Hari Amal Bhakti ke-74 yang mengangkat tema 'Umat Rukun Indonesia Maju" ini telah dilaksanakan sejumlah kegiatan.

Mulai persembahyangan bersama semua agama, kerja bhakti, Bhakti sosial ke sejumlah yayasan serta kegiatan lomba baik itu lomba pelayanan terpadu satu pintu, kebersihan kantor, busana adat ke kantor yang melibatkan ASN di lingkungan Kanwil Kemenag seluruh Bali.

Jalan santai kerukunan ini dilepas langsung Wagub Cok Ace dan turut dihadiri oleh Rektor IHDN yang sekaligus Ketua PHDI Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana serta sekitar 2000 ASN di lingkungan Kemenag se-Bali. (rhm)

Rekomendasi