Rangkul Nelayan, Danlanal Denpasar Minta Anggotanya Jangan Berbenturan dengan Masyarakat

Rabu, 22 Januari 2020 : 06.38
Danlanal Denpasar Kolonel Bimo Sutopo saat meninjau Posal Yeh Gangga, Tabanan/ist
Tabanan - Komandan Lanal Denpasar, Lantamal V Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo meninjau Posal Pantai Yeh Gangga di Kabupaten Tabanan Bali, Selasa (21/1/2020).

Sutopo didampingi Dandenpomal Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, Danunit Intel Lanal Denpasar Bali Kapten Laut (P) Arya Bravita. Dia ingin melihat secara langsung situasi dan kondisi wilayah Pos TNI AL Yeh Gangga sekaligus menerima masukan dan kendala prajurit dalam melaksanakan tugas.

Permasalahan menonjol di wilayah kerjanya harus diketahui Danposal harus bisa memberikan informasi dan laporan tertulis terkait dengan data-data yang diperlukan kepada pimpinan TNI AL.

Juga, ke Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan pembinaan potensi maritim seperti Data Kelompok Nelayan, kebutuhan utama masyarakat nelayan, Potensi maritim maupun kerawanan yang ada diwilayahnya.

"Posal sebagai ujung tombak organisasi TNI AL harus bisa mendukung dan bersosialisasi dengan nelayan," tegasnya. Jangan sampai menjadi ancaman dan berbenturan dengan masyarakat serta bermain kegiatan ilegal yang menyalahi aturan hukum.

"Informasi disampaikan Danposal akan dikumpulkan sebagai data Staf Lanal Denpasar yang nantinya bisa dijadikan dasar untuk melaksanakan suatu kegiatan," tambah Danlanal

Wilayah kerja Lanal Denpasar meliputi seluruh perairan Bali serta memiliki nilai strategis karena dilalui oleh jalur ALKI II di daerah Selat Lombok sampai menuju ke perbatasan Australia.

Keamanan di wilayah perairan tersebut perlu dijaga untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Sehingga TNI AL khususnya Lanal Denpasar berperan penting dalam menjaga wilayah perairan NKRI khususnya perairan Bali. (riz)

Rekomendasi