Polres Tabanan Gelar Apel Antisipasi Bencana Alam

Sabtu, 04 Januari 2020 : 16.31
Kapolres Tabanan AKBP AGus Tri Waluyo (tengah) didampingi Dandim 1619/Tabanan, Asisten I Pemkab Tabanan dan sejumlah pejabat terkait tunjukkan peralatan gergaji mesin seusai apel
Tabanan - Polres Tabanan bersama Kodim 1619/Tabanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan menggelar Apel Pergelaran Penanggulangan Bencana Alam bertempat di depan Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan, Bali, Sabtu (4/1/2020).

Kapolres Tabanan AKBP Agus Tri Waluyo selaku Pimpinan Apel dalam sambutannya mengungkapkan apel digelar dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana, terlebih di musim penghujan, terjadi perubahan cuaca sangat ekstrem, di beberapa kota dan wilayah di Indonesia banyak terjadi bencana alam berupa banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

"Bahkan di Ibu Kota Jakarta terjadi bencana alam banjir yang mengakibatkan korban Jiwa, kerugian harta benda dan kerusakan fasilitas Umum yang sangat parah. Hal ini harus kita antisipasi sejak dini," katanya.

Menurut Kapolres Agus Tri Waluyo, melihat dan menyikapi fenomena alam dan cuaca ekstrem memerlukan langkah Proaktif untuk dapat mengantisifasi bahkan untuk dapat bergerak cepat sehingga dapat membantu masyarakat dan korban yang terkena bencana sehingga kerugian bisa diminimalisir dan korban jiwa bisa dicegah.

Disebutkan, perkiraan Cuaca untuk wilayah Bali, memasuki musim hujan yang puncaknya diperkirakan bulan Januari hingga bulan Februari 2020, perubahan cuaca seperti hujan lebat, angin kencang serta bencana lainnya terutama tanah longsor perlu diwaspadai, mengingat di wilayah Tabanan geogafis alamnya bisa terjadi tanah longsor.

Kapolres Agus menegaskan, mencermati hal tersebut memerlukan langkah-langkah proaktif untuk dapat membantu masyarakat yang terkena musibah, untuk dapat memberikan bantuan dan pertolongan, upaya penanggulangan terjadinya bencana, kita sepatutnya harus tanggap.

"Kita dituntut untuk siap siaga All out bersinergi dengan Instansi terkait untuk dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut," tegasnya.

Hadir mendampingi Kapolres Tabanan pada apel tersebut Komandan Kodim 1619/Tabanan Kolonel (Inf) Toni Sri Hartanto dan Asisten I Pemda Tabanan I Wayan Miarsana dan Kepala BPBD Tabanan I Gst. Ngr. Made Sucita Tampak hadir juga Kabag Ops Polres Tabanan, Para Kapolsek, Kepala Dishub Tabanan, Sat pol PP, Kepala Damkar Tabanan.

Pasukan apel terdiri satu peleton TNI Kodim 1619 Tabanan, Satu Peleton Shabara Dalmas Polres Tabanan, satu peleton Dsihub Kab. Tabanan, satu peleton Pasukan BPBD Tabanan, satu peleton Sat Pol PP Tabanan, Satu Peleton gabungan Dinas Kesehatan dan DKP Tabanan, Satu peleton Damkar Tabanan, dan Satu peleton saka Bhayangkara.

Pada pelaksaan Apel juga digelar Peralatan SAR di antaranya perahu karet, Kano, gergaji Sensaw, Life jacket / pelampung, Pemadam kebakaran, Ambulan dan Mobil Water Canon Sabhara. (gus)

Rekomendasi