Kemhan dan Gerakan Pramuka Bali Jalin Kerja Sama Pendidikan Bela Negara

Kamis, 30 Januari 2020 : 13.30
Kakanwil Kemhan Bali Kolonel Inf Ketut Budiastawa dan Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin (kiri)
Denpasar - Kanwil Kementerian Pertahanan (Kemhan) Provinsi Bali dan Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Bali sepakat menjalin kerja sama untuk pendidikan bela negara.

Hal itu diungkapkan oleh Kolonel Inf Ketut Budiastawa Kepala Kantor Wilayah Kemhan Provinsi Bali, saat bertemu dengan Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Bali di Kantor BPBD Provinsi Bali, Rabu (29/1/2020).

Pertemuan Kakanwil Kemhan Bali dengan Kakwarda Bali tersebut, sebagai tindak lanjut komitmen bersama 2 (dua) lembaga strategis ini, dalam mengemban misi pendidikan karakter dan juga bela negara.

"Kanwil Kemhan bertugas membina dan mendayagunakan segenap sumber daya nasional bagi kepentingan kesejahteraan dan pertahanan serta mendukung dan mengimplekentasikan kebijakan bela negara," kata Budiastawa.

Dalam konteks bela negara Kemhan merasa penting dan perlu untuk bersinergi dengan Gerakan Pramuka Bali untuk bersama-sama dalam pembinaan generasi muda.

Kakwarda Bali yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali menyatakan kegembiraannya sekaligus merasa sangat terhormat diberi kesempatan untuk bersinergi dan menjalin kerjasama dengan pihak Kanwil Kemhan Provinsi Bali dalam upaya pembinaan generasi muda di Bali.

"Ini simbiosis mutualisme, kerja sama yang saling menguntungkan, selama ini BPBD Bali sudah berkolaborasi dalam gerakan bersama penghijauan di pinggir Danau Tamblingan beberapa bulan lalu yang dirangkai dengan kegiatan kemah," kata Rentin.

Rentin menjelaskan bahwa, Gerakan Pramuka Bali akan fokus pada pembinaan generasi muda terutama dalam hal karakter dan bela negara serta menjauhkan dari ancaman atau bahaya narkoba dan kenakalan remaja.

Kanwil Kemhan adalah lembaga negara yang bertugas dalam hal bela negara.

"Karena itu kami di Kwarda Bali menyambut baik jika kedepan akan selalu bergandengan tangan dalam pembinaan generasi muda melalui wadah Pramuka," tutur Rentin yang baru saja dilantik oleh Gubernur Bali, Senin (27/1/2020).

Gerakan Pramuka diharapkan menjadi personil tambahan dan bersama sama kekuatan TNI / POLRI dalam upaya bela negara, hal ini sempat mengemuka dalam RDP (Rapat Dengar Pendapat) Komisi X DPR RI dengan Kwarnas beberapa bulan lalu di Senayan.

Hal ini akan diawali dilakukannya revisi terhadap Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, dengan memperkuat posisi pramuka di indonesia mulai dari supporting anggaran yang memadai. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi