Gantikan Hari Adi, Gede Darmada Pimpin Basarnas Bali

Rabu, 22 Januari 2020 : 11.04
Salam komando Kepala Basarna Bali I Gede Darmada(kiri) dan Hari Adi Purnomo yang kini menjabat Kepala Basarnas Surabaya/ist
Badung - Kepala Kantor SAR Manado Gede Darmada ditunjuk pimpinan Basarnas untuk menahkodai Kantor Basarnas Bali menggantikan Hari Adi Purnomo.

Acara serah terima jabatan digelar di lantai 2 ruang serba guna Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar sekaligus, penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Rabu (22/1/2020).

Sebelumnya pergeseran jabatan Kepala Kantor Basarnas Bali, digelar di pusat, dipimpin Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Pergeseran itu, berbarengan 124 orang terdiri Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Pejabat Pelaksana dilantik Senin (13/1/2020).

Bagi Basarnas Bali, nama Darmada bukanlah orang baru, sebelumnya menempati posisi sebagai Kepala Seksi Operasi SAR.

Sedangkan Hari Adi menjadi Kepala Kantor Basarnas Surabaya setelah sekira 9 bulan mengambil peranan penting dalam membawa Basarnas Bali untuk melayani masyarakat di bidang pencarian dan pertolongan.

Hari mengatakan, pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian dari dan dalam jabatan di lingkungan Basarnas adalah hal wajar sebagai bentuk peremajaan organisasi agar kegiatan serta pelaksanaan tugas dan fungsi dari pencarian dan pertolongan dapat terlaksana dengan baik.

"Melalui rotasi jabatan diharapkan dapat memaksimalkan kinerja dan bertanggung jawab dengan dedikasi tinggi serta profesional, militan dan sinergi," tegasnya. Di akhir sambutan, Hari berpesan agar jajarannya meningkatkan kompetensi dan selalu memberi dukungan bagi pimpinan yang baru.

Dalam sambutan sejak resmi menjabat Kepala Basarnas Bali, Darmada mengaku mengagumi dedikasi dan militansi jajaran Basarnas Bali dalam setiap pelaksanaan operasi SAR. "Saya merasakan adanya suasana kekeluargaan serta kerjasama yang baik di kantor ini," tuturnya.

Diakuinya, sebagai kepala kantor di masing-masing wilayah memiliki dinamika dan tantangan tersendiri. Terlebih Bali, dimana segala sesuatunya yang terjadi akan menjadi sorotan luas termasuk dunia internasional.

"Apa yang sudah dijalani sebelumnya agar dijaga dengan baik, namun jikalau ada kekurangan akan kita benahi bersama, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna," ucap Darmada.

Intensitas operasi SAR di Bali tak sebanyak di Manado, tempat ia menjabat sebelumnya, akan tetapi perlu mengantisipasi kejadian yang terkait warga negara asing.

Adanya Call Center 115 dan kesadaran masyarakat meningkat akan keberadaan jasa SAR, mari kita menjaga kesiapsiagaan guna berikan layanan yang terbaik untuk masyarakat," ajaknya. (rhm)
Bagikan Artikel

Rekomendasi