Bersihkan Sampah Plastik, Gede Dana Ajak Masyarakat Karangasem Peduli Lingkungan

Minggu, 26 Januari 2020 : 23.30
Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana (tengah) bersana warga tengah membersihkan sampah plastik di Pantai Ujung, Karangasem
Karagasem - Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana turun langsung membersihkan sampah dalam upaya mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Dana turun tanpa canggung membaur bersama warga memunguti sampah-sampah plastik yang mengotori wajah Pantai Ujung di kabupaten berjuluk Bumi Lahar pada Sabtu 25 Januari 2020.

Dia mengingatkan, disamping Peraturan Gubernur No 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Sekali Pakai, juga kegiatan ini untuk mendorong dalam menciptakan pariwisata di Karangasem yang bersih sehingga bisa membuat kenyamanan wisatawan.

"Kalau Karangasem ingin menggalakan pariwisata sementara sampah plastik masih berserakan, bagaimana mau menarik wisatawan, cobalah lihat di Ujung ini, masih banyak sampah plastik," tandas Dana yang bakal maju dalam Pilbup Karangasem 2020.

Ujung yang menjadi salah satu kawasan wisata andalan di Karangsem ternyata masih banyak masih kurang tertata dengan baik. "Mudah-mudahan pemerintah bisa mengalokasikan anggaran untuk menjaga kebersihan di sini," ucap Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem ini.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak dan pemerintah untuk mengantisipasi masalah sampah dengan terus melakukan edukasi kepada masyarakat. Jangan membuang sampah sembarangan bila perlu dipilah di rumah menjadi tiga bagian.

Ada sampah plastik, sampah botol ada sampah organik ada sampah sisa makan rumah tangga. "Ini yang perlu dijaga pemerintah, kalau kita tidak mengedukasi masyarakat, saya yakin masyarakat cuek aja," kata Dana.

Jadi, langkah penting yang harus dilakukan jika ingin mengatasi masalah sampah di Karangasem, pertama mengedukasi terus menerus masyarakat agar lebih peduli lingkungan.

Kedua, pemerintah dan masyarakat harus turun tangan langsung jika perlu setiap pagi dan sore untuk memantau sampai ada sampah-sampah plastik berserakan, mengotori keindahan Pantai Ujung dan lainnya. (nik)
Bagikan Artikel

Rekomendasi