Tabanan Raih Penghargaan Pariwisata Trisakti Tourism Award

Jumat, 27 Desember 2019 : 06.36
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima Penghargaan Trisakti Tourism Award dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi
Tabanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali, kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini, berkat mengembangkan pariwisata yang berlandaskan pada pengembangan budaya, Pemkab Tabanan mendapat Penghargaan Trisakti Tourism Award Kategori Wisata Warisan Budaya.

Penghargaan pariwisata tersebut diterima Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Minggu, (22/12/2019).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Presiden RI Ke 5 Megawati Soekarno Putri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnu Tama, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, dan undangan lainnya Bupati/Wali Kota penerima penghargaan sejenis dari berbagai kategori.

Terkait penghargaan yang diterimanya tersebut, Bupati Eka Wiryastuti mengemukakan Tabanan berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 Trisakti Tourism Award Kategori Wisata Warisan Budaya, karena mengangkat World Heritage Jatiluwih sebagai topik utama.

"Saya bersyukur karena Jatiluwih yang sudah ditetapkan Unesco sebagai World Heritage mampu mengangkat nama Tabanan sehingga meraih juara pertama tingkat nasional," ujar Bupati Eka saat dikonfirmasi, Kamis (26/12/2019).

Menurut Bupati Eka, dalam membangun destinasti pariwisata yang jumlahnya lumayan banyak di Tabanan memerlukan inovasi bukan saja dari Pemerintah, melainkan semua unsur harus terlibat.

Inovasi tersebut di antaranya adalah membuat sejumlah festival rutin tahunan dan pembinaan terhadap masyarakat sampai promosi ke tingkat nasional dan Internasional.

“Dengan adanya berbagai macam festival, kita bisa terus melestarikan kebudayaan dan mendorong ekonomi masyarakat. Sehingga konsep trisakti yang berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya dapat tercapai dan memang benar-benar untuk masyarakat,” paparnya.

Disebutkan, Kabupaten Tabanan berhasil meraih juara satu kategori wisata warisan budaya dengan menyisihkan kontestan lainnya, yaitu Kabupaten Sumba Barat di urutan kedua dan Kabupaten Payakumbuh di posisi ketiga.

"Selain kategori wisata budaya, terdapat empat kategori lainnya seperti wisata alam, bahari, petualangan dan kuliner yang diperebutkan dalam penganugerahan Trisakti Tourism Award," katanya.

Bupati Eka merasa bersyukur karena sepanjang tahun 2019 ini Tabanan telah puluhan kali menerima penghargaan di tingkat nasional di antaranya, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, Penghargaan Anugerah Citra Indonesia 2019, Penghargaan Sang Pemimpin kategori Sosial dan Budaya, Penghargaan kategori Best Performance of The Year’19, Penghargaan Pandu Negeri dan Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa.

"Sebelumnya, Jum'at lalu tanggal 20 Desember Tabanan juga menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial (SLKS) dari di bidang perikemanusiaan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Di penghujung tahun ditambah lagi penghargaan Trisakti Tourism Award di bidang pariwisata. Semuanya ini untuk rakyat Tabanan dan pihak-pihak terkait yang telah bekerja
dengan keras sehingga Tabanan dianugerahi penghargaan tingkat nasional," pungkasnya. (gus)
Bagikan Artikel

Rekomendasi