Ribuan Warga Banyuwangi Berlayar Bersama KRI Surabaya-591

Minggu, 08 Desember 2019 : 16.47
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat melepas joy sailing di KRI Surabaya di dermaga Tanjung Wangi/ist
Banyuwangi - Ribuan masyarakat Banyuwangi antusias mengikuti joy sailing (pelayaran gembira) di perairan utara Pulau Bali, dengan menggunakan KRI Surabaya - 591, Minggu (8/12/2019).

Kegiatan difasilitasi, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Lantamal V, merupakan rangkaian kegiatan pelatihan bela negara yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi.

Sebanyak 1.200 peserta dari Jalasenastri Cabang 6 Lanal Banyuwangi, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXIX Kadim 0825 Banyuwangi, Bhayangkari Polres Banyuwangi dan elemen masyarakat Banyuwangi yakni antara lain LSM, Saka Bahari, AKABA Banyuwangi, Pelajar dan Mahasiswa, PPI dan warga binaan Lanal Banyuwangi Kampung Sidat Osing Jopuro serta Stakeholder Kemaritiman wilayah Banyuwangi.

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, S.H., M.Tr.Hanla., M.M saat melepas joy saiking di dermaga Tanjung Wangi, Banyuwangi.

"Kegiatan Joy Sailing ini bertujuan mengenalkan alutsista matra laut berikut sistem peralatannya dan tradisi Angkatan Laut kepada generasi muda disamping itu juga untuk menanamkan kecintaan terhadap dunia kemaritiman sejak dini kepada generasi muda," terang Zaenal.

Joy sailing mendapat apresiasi dari Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas yang juga turut dalam kegiatan ini.

Di atas gladak helly KRI SBY-591 Bupati Anas berterimakasih kepada Danlanal Banyuwangi, dan KRI SBY-591, Kadispotmar Koarmada II Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara dan peninjau dari Sopsal Mabesal Letkol Laut (P) Rafael serta seluruh panitia yang telah menyelenggarakan joy sailing dalam rangkaian kegiatan pelatihan bela negara ini.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi cara mendidik sejak dini bagi anak-anak untuk mendorong lebih tinggi cinta Tanah Air.

"Ini menjadi modal dasar bagi pelajar nantinya, ini adalah cara baru yang diselenggarakan Angkatan Laut, sehingga menjadi pengalaman luar biasa bagi para peserta bela negara di ajak joy sailing menggunakan kapal perang," demikian Anas. (riz)

Rekomendasi