Penemuan Bom dan Baku Tembak di Mako Lanal Denpasar

Rabu, 11 Desember 2019 : 13.54
Simulasi penanganan gangguan terois (Gultor) di Mako Lanal Denpasar/ist
Denpasar - Suasana Mako Pangkalan TNI AL Denpasar Bali, Lantamal V tidak seperti biasanya karena riuh ketika sekelompok orang tak dikenal terlibat baku tembak dengan petugas.

Beberapa penyusup disergap dan dilumpuhkan Tim pasukan Lanal Denpasar Bali, Rabu (11/12/2019).

Itulah sekelumit skenario yang dilakukan dalam simulasi penanganan gangguan teroris (Gultor) dalam pelaksanaan Glagaspur (Gladi Tugas Tempur) P1-P2 dalam latihan peran sabotase yang dilaksanakan di Mako Pangkalan TNI AL Denpasar Bali.

Diskenariokan, petugas mendapat informasi adanya sebuah paket mencurigakan diduga kuat bom yang dibawa sekelompok orang dilaporkan dan ditemukan prajurit Mako Lanal Denpasar tergeletak di atas Pompa Bensin Mako Lanal Denpasar Bali.

Personel Polisi Militer dari Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut (Denpomal) Lanal Denpasar Bali bertindak cepat, segera melakukan pengecekan serta menyisir awal menggunakan metal detector, selanjutnya memberikan police line.

Laporan penemuan bom diteruskan ke Komando atas dalam Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Bali, dengan sigap para pimpinan di Mako Lanal Denpasar Bali memutuskan untuk meminta bantuan dan diteruskan kepada Tim Jihandak (Jibom) Detasemen Brimob Polda Bali.

Tak lama berselang Tim Jihandak Polda Bali memasuki Mako Lanal Denpasar Bali dan melakukan eskalasi dan penghancuran dengan menggunakan baju anti bom dan sejumlah peralatan lainnya.

Katim Uji Petik Glagaspur P1-P2 akolat Koarmada ll, Letkol Laut (P) D.A. Mansyur menjelaskan, latihan serta aksi ini merupakan pembelajaran dan simulasi penanganan teror serta ancaman sabotase bom.

"Latihan seperti ini bakal terus dilakukan dalam kegiatan Glagaspur (Gladi Tugas Tempur) P1-P2 tahun-tahun mendatang," tegas dia. Latihan bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit Lanal Denpasar yang berkerja sama dan melibatkan unsur Brimob Polda Bali.

Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Bambang Abdulah Basuki Rahmad mewakili Danlanal Denpasar menyampaikan, kegiatan uji terampil pangkalan bagi para prajurit, baik secara perorangan maupun kerjasama tim ini, dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar hasil pembinaan latihan pangkalan selana ini.

Hasil dari kegiatan akan menjadi suatu acuan nilai atau tolok ukur bagi kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Kegiatan didihari kedua pelaksanaan Uji Trampil P1-P2 meliputi Renang Militer, Latihan Evakuasi SAR kecelakaan dilaut, Menembak, Penindakan Huru-Hara, Latihan Tempur bahaya umum (Hanlan) dan simulasi Bahaya Kebakaran.

Dan untuk materi yang diujikan dihari pertama dalam Glagaspur meliputi Latihan PBB, PDD (Peraturan Dinas Dalam) Khas TNI AL, Sistem Komunikasi, Kebaharian, Software, ujian tertulis Kekamlaan, SAR, Bongkar pasang senjata. (rhm)

Rekomendasi