Lantunan Puisi 'Sumpah Kumbakarna' Putri Koster Getarkan Bali Collection

Senin, 16 Desember 2019 : 17.13
Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ni Putu Putri Suastini Koster/ist
Badung - Tamu undangan yang hadir pada acara ulang tahun ke-14 Bali Collection ITDC Nusa Dua di Kabupaten Badung, larut serasa dibius ketika mendengarkan lantunan puisi berjudul 'Sumpah Kumbakarna'

Ya puisi yang seperti menghipnotis ratusan hadirin itu dibacakan penuh penghayatan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ni Putu Putri Suastini Koster Minggu (15/12/2019) malam.

Acara yang menandai dimulainya 'Bali Ultimate Great Sale' (BUGS) tersebut, pendamping orang nomor satu di Bali ini memberikan 'hadiah' berupa pembacaan puisi berjudul 'Sumpah Kumbakarna' karya Dhenok Kristianti.

Dengan gaya yang khas, seniman serba bisa ini melantunkan vokal yang lantang dan menggelora. Tak hayal, tepuk tangan dan standing ovation diberikan penonton yang didominasi wisatawan asing tersebut.

Putri Koster berpesan agar apapun tugas dan peran seseorang, harus selalu ingat untuk menjaga dan melindungi tanah air, seperti yang dihadirkan dalam untaian puisi 'Sumpah Kumbakarna' yang diangkat dari epos Ramayana tersebut.

"Jangan sampai lupa kewajiban kita sebagai anak bangsa," tegas dia. Plt Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa menyambut baik gelaran BUGS sebagai upaya nyata mendatangkan turis.

"Bali tidak punya sumber daya tambang, tapi ada 6 juta 200 ribu pelancong datang ke Bali tahun ini, dengam rata-rata menginap selama 8 hari. Ini artinya, Bali menyumbangkan 130 triliun rupiah devisa per tahun dari pariwidata, belum termasuk wisatawan lokal," ujarnya.

Seiring itu, BUGS menurut Astawa adalah atraksi menarik bagi wisatawan untuk datang ke Bali. "Ini juga kesempatan bagi UMKM untuk mengambil peluang yang disiapkan untuk mempromosikan produk lokal Bali," katanya, menambahkan.

Head of Bali Collection Robert Aditya Pramana, menyatakan bahwa HUT ke-41 Bali Collection merupakan sebuah penanda akan langkah ke depan yang lebih baik.

"Sinergi dengan Pemerintah Bali dan ITDC akan terus ditingkatkan. Terlebih Pemerintah Bali sedang meng-expand pembangunan infrastruktur. Hal ini penting untuk menunjang ekonomi, juga sektor pariwisata," katanya.

Event ini bukanlah kegiatan musiman yang hanya hadir di waktu-waktu tertentu, tapi konsisten setiap tahun guna mendukung pariwisata Bali. "Dengan even ini, kita kembangkan kultur baru di dunia shopping di Bali guna meningkatkan kunjungan tamu," imbuhnya. (riz)
Bagikan Artikel

Rekomendasi