Hadapi Kelompok Separatis, Ratusan Prajurit Lanal Cilacap Siaga

Rabu, 04 Desember 2019 : 13.13
Simulasi digelar Lanal Cilacap menghadapi huru-hara dan serangan kelompok massa dan separatis/ist
Cilacap - Ratusan prajurit TNI Angkatan Laut Cilacap, Lantamal V disiagakan saat menghadapi pertempuran sengit menghadapi serangan udara yang dilancarkan musuh dari kelompok massa dan para separatis.

Kondisi ini menyebabkan. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap genting, ditambah dengan ratusan massa kelompok dan separatis yang makin membuat situasi memanas.

Beruntung kesigapan Prajurit Lanal Cilacap ini berhasil mengatasi serangan dan huru hara tersebut. Suasana itu tampak saat simulasi digelar Lanal Cilacap dalam Uji Terampil Glagaspur P1-P2 tahun 2019 yang berlangsung di Mako Lanal Cilacap, Rabu (4/12/2019).

Uji terampil ini menjadi bentuk kesiapsiagaan menghadapi dan mempertahankan pangkalan dari ancaman, gangguan maupun serangan pihak lawan baik musuh dari dalam maupun luar.

Setidaknya ada 200 personil gabungan dari prajurit dan PNS Lanal Cilacap yang mengikuti kegiatan tersebut.

Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, menegaskan, kesiapan jajarannya berada di garda terdepan dalam mempertahankan NKRI khususnya diwilayah Selatan pulau Jawa.

Karenanya, dalam simulasi uji trampil tersebut, prajurit dituntut mampu menghadapi berbagai kondisi esktrim. "Termasuk mempertahankan pangkalan dari serangan udara dan separatis serta ketrampilan dalam penanggulangan kebakaran sebagai efek dari serangan," tuturnya.

Danlanal berharap, agar hasil uji terampil P1 P2 mampu dipertahankan, bahkan terus dikembangkan oleh para prajurit Lanal Cilacap menjadi lebih optimal. (yud)

Rekomendasi