Terpilih Aklamasi, Ganjar Pranowo Kembali Pimpin Kagama Periode 2019-2024

Sabtu, 16 November 2019 : 11.48
Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) periode 2019-2024 Ganjar Pranowo/kabarnusa
Denpasar - Ganjar Pranowo kembali terpilih menjadi Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) setelah secara aklamasi peserta Musyawarah Nasional (Munas) ke-13 meminta Gubernur Jawa Tengah itu kembali menahkodai organisasi para lulusan kampus biru tersebut.

Mayoritas peserta Munas memilih Ganjar sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat KAGAMA periode 2019—2024.

Sejak awal gelaran Munas, nama Ganjar memang digadang-gadang kembali memimpin bahkan dia menjadi satu-satunya kandidat ketua umum yang diusulkan oleh para peserta Munas di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali pada Jumat (15/11/2019) malam.

Tanpa hambatan berarti, peserta Munas langsung mengusung nama Ganjar yang kemudian disepakati untuk melanjutkan periode kepemimpinan kedua. Pengacara senior Dr Otto Hasibuan misalnya, menilai kinerja Ganjar dan jajaran pengurus Kagama pada periode lalu, dinilai cukup berhasil.

"Apa yang sudah dilakukan pengurus sekarang saya kira sangat baik, artinya bisa menggetarkan semangat alumni, kelihatannya banyak sekali supaya pengurus lama tetap dilanjutkan, karena kinerja mereka cukup bagus," ujar Otto.

Karena itulah, yang kemudian menjadi satu pertimbangan peserta Munas memberikan kepercayaan kepada politikus PDI Perjungan itu untuk kembali memegang tongkat komando kepemimpinan KAGAMA yang kedua.

Atas dukungan penuh peserta Munas, Ganjar menyatakan menyanggupi memegang amanah tersebut. "Saya selalu terbuka pada saran dan inovasi dari semua Kagamawan dan Kagamawati," kata Ganjar dalam keterangan resminya di Denpasar, Sabtu (16/11/2019).

Untuk itu, Ganjar berharap ke depan, Kagama bisa berkontribusi positif bagi anggota dan bangsa. Harapan besar disematkan kepada Kagama disampaikan Ekonom Konstitusi Defiyan Cori yang hadir dalam Munas Kagama.

"UGM yang dikenal universitas perjuangan, universitas ndeso, universitas kerakyataan dalam konteks ini adalah merupakan tanggungjawab dharma ketiga pengabdian masyarakat," imbuhnya.

Kagama harus berperan mengatasi ketimpangan ekonomi pusat dan daerah, ketimpangan ekonomi antar sektoral, sehingga ini momentum penting dalam memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo.

"Arahan Presiden Jokowi menjadi penting pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, menyambungkan link and match tidaklah mudah, tetapi membuat road map ke arah itu bagi Kagama menjadi penting, artinya peran dan fungsi alumni itu adalah menyambungkan kampus dan realitas industri," tegas alumnus Fakultas Ekonomi UGM itu.

Perhelatan Munas di Denpasar Bali dihadiri ribuan alumni mulai peserta kongres, peninjau dan undangan lainnya.

Para tokoh alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang hadir diantaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri dan pejabat pusat dan daerah lainnya hingga kalangan swasta. (rhm)

Rekomendasi