Puncak Peringatan HUT Kota Tabanan, Bupati Serahkan Penghargaan Atlit dan Cabor Berprestasi

Sabtu, 30 November 2019 : 05.10
Para perwakilan penerima penghargaan pada Perayaan Hut ke 526 Kota Tabanan berfoto bersama
Tabanan - Memperingati Puncak Perayaan HUT ke 526 Kota Tabanan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Wabup Komang Gede Sanjaya, Sekda Gde Nyoman Susila, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga dan Ketua KONI I Dewa Gede Ary Wirawan menyerahkan penghargaan kepada para juara di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Jum'at (29/11/2019) malam.

Di antara penerima penghargaan tersebut, tampil lima orang perwakilan Atlit dan Cabang Olah Raga (Cabor) yang telah berhasil mengukir prestasi terbaik pada pelaksanaan Porprov Bali XIV 2019 yang berlangsung di Kabupaten Tabanan pada tanggal 9 - 19 September 2019 lalu.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya seusai menyerahkan penghargaan secara simbolis mengungkapkan pada tahun 2019 ini Kabupaten Tabanan telah mengukir banyak prestasi dan menerima ratusan penghargaan. Baik penghargaan di tingkat Provinis maupun Nasional.

"Saya sampai malu bolak-balik ke Jakarta menerima penghargaan. Kalau tidak ke Jakarta, kasihan OPD yang telah berprestasi dan menerima penghargaan tersebut," katanya berterus-terang.

Menurut Bupati Eka, di antara prestasi tersebut salah satunya prestasi putra-putri daerah terbaik dengan merubah status juru kunci prestasi bidang olah raga PORJAR menjadi ranking empat dan PORPROV Bali rangking lima serta Pemkab Tabanan berhasil mempertahankan predikat Opini WTP untuk lima kali secara berturut-turut.

Perwakilan Atlit dan Cabor Berprestasi penerima penghargaan dan bonus secara simbolis dari Bupati Tabanan
"Hal ini bisa dibilang sebuah kado istimewa dalam perayaan HUT Kota Tabanan tahun ini sekaligus sesuatu yang bisa dibanggakan bagi Tabanan," ujarnya.

Disebutkan, pada tahun 2019 ini sejumlah prestasi dan penghargaan lainnya yang telah diraih Pemkab Tabanan di antaranya adalah, Penghargaan Anugerah Citra Indonesia 2019, Penghargaan Sang Pemimpin kategori Sosial dan Budaya, Penghargaan kategori ‘Best Performance of The Year’19”, Penghargaan Pandu Negeri, Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa, dan terbaru Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2019 dari Ombudsman RI.

"Ratusan penghargaan yang diraih Tabanan tahun ini tidak akan bisa diperoleh tanpa dukungan dari seluruh komponen masyarakat Tabanan. Untuk itu, melalui kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada OPD dan seluruh komponen masyarakat Tabanan atas sumbangsihnya dalam membangun Tabanan," ujarnya.

Ditemui secara terpisah di sela-sela peringatan puncak perayaan Hut Kota Tabanan, Ketua KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan mengungkapkan, terkait prestasi yang diraih atlit Tabanan dalam Porprov XIV 2019 lalu, pihaknya telah memberikan bonus total sekitar Rp 3,2 miliar.

"Bonus tersebut diberikan untuk para atlit yang telah mengukir prestasi dari langganan juru kunci naik menjadi ranking lima pada Porprov lalu karena sukses mengumpulkan 29 medali emas, 32 perak dan 68 perunggu," ujarnya.

Menurut Ary Wirawan, HUT ke 526 Kota Tabanan tahuin ini memang memiliki makna khusus bagi Olah Raga di Tabanan karena pada Porprov lalu atlit Tabanan yang berlaga jumlahnya 526 orang, angkanya sama seperti HUT Tabanan tahun ini 526 tahun.

Demikian juga medali emas yang diperoleh 29 medali, sama seperti tanggal HUT Kota Tabanan, 29 November. "Aneh tapi nyata," pungkasnya. (gus)

Rekomendasi