Peringati Harkanas, Anak-anak PAUD Desa Sudimara Megibung Makan Ikan

Kamis, 21 November 2019 : 13.46
Memperingati Hari Ikan Nasional, Anak-anak PAUD Desa Sudimara, Kabupaten Tabanan, bersama-sama menikmati makan ikan secara megibung
TABANAN - Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke enam Tahun 2019, Yayasan Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Desa Sudimara melibatkan anak-anak PAUD se-Desa Sudimara melaksanakan "Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting" dengan cara makan ikan bersama di Restoran Yeh Gangga Beach Club di Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Bali, Kamis (21/11/2019).

Bunda PAUD Desa Sudimara Ni Made Fitria Dewi di sela-sela kegiatan mengemukakan, kegiatan Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia bertepatan dengan Hari Ikan Nasional Tanggal 21 November 2019.

"Yayasan Bunda PAUD Desa Sudimara menggelar kegiatan ini difasilitasi Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) dan Dinas Perikanan serta bekerjasama dengan Desa Sudimara, Desa Adat Yeh Gangga, Restoran Yeh Gangga Beach Club," katanya.

Menurut Fitria Dewi, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anak-anak PAUD makan ikan sejak dini untuk mencegah stunting.

"Dengan adanya kegiatan Gerakan Edukasi Makan Ikan ini kami berharap anak-anak PAUD akan terbiasa makan ikan sejak dini agar kuat, sehat dan cerdas dan pertumbuhannya bagus, tidak mengalami stunting," katanya.

Terkait hal itu, dalam kegiatan Gerakan Edukasi Makan Ikan bersama anak-anak PAUD ini dikemas secara menarik. Baik itu paket menunya maupun cara makannya yang dilakukan dengan megibung agar anak-anak merasa senang dan bergembira.

"Menunya lengkap selain ada lauk ikannya juga ada sayuran dan buahnya yang disajikan secara menarik agar anak-anak senang dan bergembira," ujarnya.

Disebutkan, dalam kegiatan Gerakan Edukasi yang melibatkan 82 anak usia dini dari PAUD dan TK se-Desa Sudimara ini tidak hanya makan ikan bersama.

Tapi juga diajarkan menjaga kebersihan lingkungan dengan cara memunguti sampah plastik yang ada di pantai serta cuci tangan dengan baik dan benar sebelum makan.

"Edukasi yang kami lakukan hari ini tidak hanya makan ikan saja, tapi juga edukasi kebersihan lingkungan dan cara mencuci tangan," tambahnya.

Menurut Fitria Dewi Gerakan Edukasi Makan Ikan di PAUD Desa Sudimara sengaja dirancang dengan cara megibung, satu paket menu dalam wadah dinikmati bersama enam anak, selain untuk memperkenalkan tradisi, juga dimaksudkan mengajarkan kebersamaan sejak dini. (gus)

Rekomendasi