menu
search

Pelajar SD di Gianyar Antusias Kumpulkan Sampah Plastik

Senin, 04 November 2019 : 10.57
Pelajar yang berhasil mengumpulkan sampah plastik terbanyak dihadiahi PIN GELATIK
Gianyar - Bhabinkamtubmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta, S.H. menyerahkan PIN GELATIK (Gerakan Lawan Sampah Plastik) kepada anak-anak SD N 2 Siangan yang berhasil mengumpulkan sampah plastik terbanyak.

PIN GELATIK mengandung arti sesuai gambarnya ialah gambar Bumi dipegang tangan artinya tangan-tangan manusia sebagai penentu kelangsungan Bumi ini.

Apabila tangan baik memelihara Bumi ini maka Bumi ini akan terus lestari, subur makmur. Jika tangan merusak Bumi ini maka Bumi ini akan segera hancur atau tercemar karena ulah tangan-tangan kita.

Selanjutnya di PIN itu ada gambar Tri Bratayang mengandung makna bahwa Program GELATIK dipelopori dari seorang Anggota Polri. Polri tidak hanya berpikir masalah Harkamtibmas akan tetapi berbuat untuk menjaga kebersihan alam dan kelangsungan habitat yang ada di Bumi ini.

Tulisan PIN GELATIK berwarna kuning karena kita menuju era keemasan dan ada lis merah dalam tulisan tersebut bermakna keberanian.

Artinya, hanya dengan keberanian dan memiliki tekad untuk merubah menset masyarakar agar turut peduli akan kelesetarian alam dan lingkaran warna hijau artinya jika program ini berjalan sukses maka Bumi ini akan selalu hijau dan lestari.

Anak-anak yang berhak mendapatkan PIN GELATIK merupakan anak-anak yang telah mampu mengumpulkan sampah plastik paling banyak ke sekolah.

Setiap hari Sabtu anak-anak membawa sampah plastik kemudoan dicatat guru. Setiap kelas dipilih masing-masing dua orang yang berhak memdapat PIN GELATIK.

Bhabinkamtibmas Desa Siangan I Kadek Sumerta mengatakan, bahwa pemberian PIN GELATIK merupakan salah satu cara untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak yang telah berjuang mengumpulkan sampah plastik.

"Mereka mereka pantas di sebut PELOPOR GELATIK dengan tanda PIN di dada mereka," ujarnya Senin (4/11/2019). Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Suastika, mengatakan, banyak hal bisa dilakukan untuk merangsang masyarakat agar berbuat sesuai program Bhabinkamtibmas.

"Salah satunya, dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Siangan memberikan PIN GELATIK kepada anak-anak, agar termotifasi menjaga kebersihan dengan memungut sampah plastik di lingkungan tempat tinggal," imbuhnya. (riz)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua