Kemendagri Harapkan Rakornas Selaraskan Visi Pemerintah Pusat dan Daerah

Jumat, 08 November 2019 : 08.17
Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar/ist
Jakarta - Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang digelar Kementerian Dalam Negeri diharapkan bisa menyelaraskan visi pusat dan daerah dalam mewujudkan program prioritas bersama.

Rencananya, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka acara yang diselenggarakan oleh Kemendagri di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat,13 November 2019.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar mengungkapkan, Rakornas Forkopimda di Sentul rencananya akan dibuka langsung Presiden Jokowi.

"Bapak Wapres juga akan turut memberikan arahan," kata Bahtiar di Jakarta, Kamis (07/11/2019). Acara untuk sinkronisasi Program Prioritas Nasional itu akan dibagi dalam 8 (delapan) sesi.

Per sesinya akan diisi oleh narasumber dari Kementerian maupun Lembaga untuk memaparkan pokok pikirannya terkait Program Prioritas Nasional yang dicanangkan Pemerintah Presiden Joko Widodo.

"Acara akan dibagi ke beberapa sesi, narasumbernya dari Kementerian/Lembaga maupun badan, dan akan dipandu oleh pejabat esselon I di lingkungan Kemendagri.

Tentunya dalam kesempatan ini banyak pokok-pokok pikiran yang akan dijabarkan oleh berbagai narasumber terkait Visi-Misi Presiden, karena kita tahu bahwa tidak ada visi-misi Kementerian, dan ini menyangkut program kita hingga tahun 2024 nanti," jelas Bahtiar.

Jika tak ada perubahan, diskusi Panel I dengan tema "Kebijakan Strategis 2020-2024" akan diisi oleh Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko PMK, Menko Kemaritiman dan Investasi, dan akan dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri.

"Acara ini strategis untuk menyelaraskan visi-misi Pemerintah Pusat dan Pemda kedepan, karena semua akan berbicara mengenai sinkronisasi itu, agak seluruh Pemda serempak mendukung Program Prioritas kita bersama," kata Bahtiar menegaskan.

Panel II terkait dengan "Pembangunan SDM" akan menghadirkan Mendikbud, Menkes, Mensos, Menkeu, dan Menag sebagai narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Kepala BPSDM Kemendagri.

Panel III, yakni pembahasan "Pembangunan Infrastruktur" akan diisi oleh Menteri BPN/Bappenas, Menteri PUPR, Menhub, Menkominfo, dan Mendes PDTT selaku narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri.

Sementara panel IV dengan tema "Penyederhanaan Regulasi dan Reformasi Birokrasi" akan menghadirkan narasumber Menkumham, Menpan-RB, Kepala BPKM, Menaker, Menteri ATR/BPN, dan akan dipandu oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri.

Kemudian, panel V terkait dengan "Transformasi Ekonomi I" akan diisi oleh paparan dari Mendag, Menperin, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri BUMN, yang akan dipandu oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Panel VI terkait tema "Transformasi Ekonomi II" akan diisi paparan dari Menpar dan Ekonomi Kreatif, Menteri ESDM, Menteri LHK, Menteri KKP. Panel akan dipandu Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Panel VII dengan tema "Pengawasan" akan diisi oleh Irjen Kemendagri, Ketua KPK, Ketua BPK, dan Ketua BPKP, serta akan dipandu oleh Inspektur III Irjen Kemendagri.

Panel VIII terkait dengan "Penegakkan Hukum dan Keamanan" akan diisi oleh Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI. Acara akan dipandu oleh Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. (rhm)

Rekomendasi