Kembangkan Layanan Online Terintegrasi, Arkadia Hadirkan Serbada.com

Selasa, 12 November 2019 : 10.37
Jakarta - Dalam mengembangkan layanan online secara terintegrasi PT Arkadia Digital Media Tbk kembali meluncurkan produk atau unit usaha barunya yang disebut news-commerce Serbada.com.

Kini, induk perusahaan Suara.com dan beberapa portal berita segmented itu resmi merilis situs yang kami sebut news-commerce Serbada.com.

Saat ini sudah tersedia ratusan produk di situs Serbada.com mulai dari pakaian dan aksesoris, buku, kamera dan drone, hingga perhiasan. Memasuki November 2019, PT Arkadia Digital Media Tbk kembali meluncurkan produk atau unit usaha barunya.

Peluncuran awal atau soft launching Serbada.com sendiri sengaja dilakukan pada 11 November (11/11) atau yang juga dikenal sebagai Festival Belanja Online Global 11.11. Adapun secara internasional, 11.11 antara lain oleh grup Alibaba juga dipromosikan sebagai momen Global Shopping Festival.

Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono mengungkapkan, Serbada.com bagian dari platform yang disebut news - commerce.

Di mana transaksi dengan merchant diawali dari konten news, artikel, foto, infografis dan video terkait. Dari konten yang relevan dengan produk itulah, pengakses akan menentukan untuk membeli beragam produk atau tidak.

Kalau tertarik bisa langsung transaksi, tanpa harus ke platform lain.

"Kami memberi pilihan baru bagi konsumen, juga merupakan salah satu upaya Arkadia dalam mengembangkan model bisnisnya, dalam hal ini melalui contoh integrated online services (news portal & e-commerce)," ungkap Direktur Suwarjono.

Hal itu bukan berarti pihaknya mengurangi keseriusan dalam pengelolaan dan pengembangan media-media kami yang sejauh ini sudah tumbuh di arah yang bagus dan diakui banyak pihak, namun justru ini untuk memberi nilai lebih lagi bagi khalayak atau pembaca.

Lebih jauh dijelaskan, salah satu model integrasi dimaksud adalah dengan menyambungkan tiap artikel atau konten Suara.com yang mengulas atau memberitakan salah satu produk, baik itu konten yang sengaja dibuat atau konten reguler dari Redaksi, ke produk terkait di Serbada.com.

Artinya, ketika misalnya pembaca tertarik pada suatu produk setelah menyimak tulisannya, saat itu juga dia bisa mengakses laman penjualan produk tersebut.

Integrasi ini ke depannya juga dapat berlaku sebaliknya, di mana browsing produk di Serbada.com juga dapat menemukan konten atau terhubung langsung ke ulasannya yang ada di situs-situs Arkadia seperti Suara.com, Hitekno.com, Dewiku.com, Guideku.com, Mobimoto.com, atau juga Bolatimes.com dan Himedik.com.

Meskipun sejauh ini, karena masih di tahap awal, konten-konten dimaksud baru ada di Suara.com. Disampaikan pula bahwa salah satu pertimbangan meluncurkan Serbada.com adalah masih tingginya angka pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Data Global Web Index yang antara lain menyebut bahwa Indonesia memiliki peringkat aktivitas e-commerce tertinggi di dunia, di mana 90 persen pengguna internet (usia 16-64 tahun) mengaku pernah belanja produk/jasa secara online, menjadi salah satu acuan untuk itu.

"Artinya, potensinya memang masih besar, dan dengan model bisnis dan pengembangan yang tepat, kami optimistis bisa ikut berkecimpung di lini ini," ungkap Suwarjono pula, Senin (11/11/2019), yang sedang berada di Tiongkok menghadiri undangan event Alibaba Group, salah satu powerhouse e-commerce dunia yang bermarkas di Hangzhou.

Peluncuran versi Beta atau soft launching Serbada.com pada Senin (11/11) ini sendiri, selain ditandai dengan acara internal di kantor Suara.com, juga diwarnai dengan kehadiran tim Arkadia dan Serbada di beberapa lokasi pusat perdagangan.

Situs Serbada.com sendiri sudah memulai beta testing sejak beberapa hari terakhir, dan nyatanya sudah melayani sejumlah transaksi.

Untuk diketahui, karena belum menyediakan platform pembayaran sendiri, sejauh ini Serbada.com baru beroperasi sebagai product outlet dan dropshipper untuk beragam produk --namun dipastikan segala transaksi berjalan lancar persis seperti layanan belanja online lainnya.

Ada ratusan produk yang sudah tersedia di Serbada.com saat ini, mulai dari kain, pakaian, hijab, buku, kamera, hingga drone, perhiasan dan lain sebagainya.

Dalam pengembangannya ke depan, segala macam produk maupun jasa yang diminati khalayak atau menarik untuk dijual, direncanakan akan tersedia di Serbada.com, situs yang namanya memang berasal dari gabungan kata "serba+ada". (riz)

Rekomendasi