Danlanal Harapkan Pantai Serangan Tak Lagi Disorot Media Asing Karena Sampah

Jumat, 15 November 2019 : 10.57
Denpasar - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mengharapkan dengan bersihnya Pantai Serangan dari tumpukan sampah maka hal itu tidak akan lagi menjadi sorotan media asing.

Persoalan sampah mulai menjadi perhatian semua pihak. Terlebih ancaman sampah terutama plastik berdampak buruk terhadap lingkungan.

Kini sejumlah pihak mulai menggalakkan aksi kebersihan dan mengurangi sampah plastik. Terkait dengan International Coastal Cleanup, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Bali, Lantamal V bersama unsur Maritim dan pelaku usaha wisata air serta warga masyarakat Pulau Serangan melakukan aksi Jumat bersih di Pantai Sarangan, Denpasar, Bali, Jumat (15/11/2019).

Kolonel Henricus hadir bersama pejabat lainnya seperti Letkol Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad, Pasprogar Mayor Marinir I Nyoman Suarmika, Paspotmar Mayor Laut (KH) Dewa Ketut Dana S, Kasatfaslan Mayor Laut (S) Komang Sariani, serta segenap Perwira Staf lanal Denpasar Bali, Lurah Serangan, Bendesa Adat Serangan dan lainnya/

Menurut Danlanal aksi Jumat bersih yang diprakarsai Posal Serangan bersama – sama unsur terkait di wilayah Pulau Serangan ini adalah suatu bentuk nyata kepedulian TNI AL dengan masalah yang timbul seperti masalah sampah.

Terutama sampah plastik serta satu bagian dari pembinaan potensi maritim yang diselenggarakan di kawasan Pantai Serangan Kota Denpasar.

Kegiatan dihadiri 200 personel gabungan dari Pangkalan TNI AL Denpasar Bali dengan unsur TNI/Polri masyarakat untuk membantu pemerintah daerah serta masyarakat dalam meningkatkan kebersihan lingkungan dan meningkatkan interaksi kepedualian terhadap kebersihan di Pulau Serangan.

Hal ini juga diyakini akan meningkatkan kontribusi serta kebersamaan antara masyarakat, instansi pemerintah dan TNI-Polri dalam rangka Kemanunggalan TNI, Polri, pemerintah daerah dan rakyat, khususnya TNI AL dalam rangka pembinaan masyarakat pesisir (Bindesir).

Diharapkan, hal ini akan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar, khususnya dalam hal kesehatan serta menjaga kebersihan daerahnya menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Sebagai masyarakat Bali yang sadar, cinta dan peduli terhadap kebersihan Pantai Serangan tentunya akan terus berupaya membantu membersihkan Pantai ini dari sampah agar tetap lestari dan harmoni.

Hericus berharap kegiatan ini, dapat meringankan beban Pemerintah Kota Madya Denpasar dalam menangani masalah sampah.

"Kami berharap Bali, khususnya Pantai Srangan tidak menjadi sorotan media asing ketika sampah memenuhi bibir pantai yang kita cintai ini,dan hal ini sangat mendukung program Pemerintah Provinsi Bali," ucapnya.

Dia mengajak semua masyarakat mewujudkan cita-cita dalam menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali untuk menciptakan kehidupan krama yang sejahtera dan bahagia sekala maupun niskala yang terkonsep dalam visi Gubernur Bali Wayan Koster yakni “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”. (riz)

Rekomendasi