Bali Fashion Trend 2020: Optimalkan Bahan Baku Lokal dalam Fashion Berkelanjutan

Kamis, 07 November 2019 : 22.32
Nusa Dua – Bali Fashion Trend 2020 resmi digelar mulai Kamis (7/11/2019). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Bali Fashion Trend 2020 ini mengangkat tema sustainable fashion.

Dan dengan partisipasi Asia Pacific Rayon (APR), salah satu produsen rayon di Indonesia menjadi sponsor penyelenggaraan Bali Fashion Trend. Direktur APR Basrie Kamba melihat konsep sustainable fashion dan “Everything Indonesia” akan memperkuat peluang industri tekstil dalam negeri.

Basrie yakin dengan mengoptimalisasikan bahan baku tekstil dalam negeri dapat mempercepat target pemerintah dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

"Everything Indonesia menjadi semangat kami untuk mendorong penggunaan produk lokal," katanya dalam konferensi pers menjelang penyelenggaraan Bali Fashion Trend 2020, Kamis (7/11/2019).

Ia menambahkan dalam Bali Fashion Trend 2020 ini, IFC juga mengajak seluruh pihak diajak menggunakan bahan baku yang berasal dan diproduksi di Indonesia, serta berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, seperti serat rayon.

“Konsep sustainable fashion menjadi perhatian dunia, dengan adanya sejumlah keunggulan seperti bersumber dari bumi sendiri, biodegradable, serta terbarukan, rayon bisa menjadi alternatif sekaligus masa depan bahan baku tekstil,” jelasnya.

Dalam gelaran Bali Fashion Trend, APR berkolaborasi dengan desainer anggota IFC Sav Lavin dan Eny Ming menampilkan 16 busana bercorak khas Indonesia. Mereka menjadi dua dari total 35 desainer yang ikut Bali Fashion Trend ini.

Sementara itu, National Chairman of Indonesia Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma mengungkapkan dalam acara yang berlangsung selama tiga hari mulai 7 hingga 9 November 2019 ini akan menampilkan karya-karya anak bangsa.

Tema sekitar lingkungan yang diambil pun menjadi cara tersendiri bagi para pelaku industri fashion untuk melestarikan lingkungan. "Fashion bukan hanya seputar keindahan, tapi juga pelestarian budaya," kata Ali.

Ali menjelaskan, isu sustainable fashion menjadi perhatian utama di Eropa dan Amerika. Saat ini, rayon menjadi salah satu pilihan utama mengembangkan busana dari bahan yang berkelanjutan bila dibandingkan dengan bahan baku lainnya.

Penampilan Bali Fashion Trend 2020 malam ini pun diwarnai oleh mode fashion dari berbagai desainer diantaranya seperti Ali Charisma, Eny Ming, Sav Lavin, Migi Rihasalay, Kebaya Andhika, Angelica Wu, Dewi Swarjani, dan Anggasari. (mal)

Rekomendasi