Ukir Rekor MURI, 5.000 Bibit Mangrove Hijaukan Teluk Benoa

Selasa, 08 Oktober 2019 : 06.51
Pangdam IX/Udayana Mayjen Benny Susianto, Gubernur Bali Wayan Koster dan masyarakat lainnya menanam pohon mangrove di Teluk Benoa/ist
Denpasar - Guna menyelamatkan lingkungan dan memecahkan rekor MURI sebanyak 5000 bibit mangrove ditanam di sekitar Teluk Benoa.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada ll, turut bergabung dalam acara penanaman bibit mangrove dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI tahun 2019 di Teluk Benoa, Senin (7/10/2019).

Penanaman serentak 74 satuan TNI AL se-Indonesia ini, dilakukan bersama unsur Muspida Provinsi Bali, TNI/Polri, Instansi Maritim, Pemuda Saka Bahari, Walhi dan semua lapisan masyarakat dengan mengambil tema "Selamat Bumi Kita Untuk Anak Cucu kita".

Gubernur Bali Wayan Koster, Pangdam IX/Udyanana Mayjen TNI Benny Susianto, Danlanal, Ketua Persit Kartika Candra Kirana beserta Pengurus, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II beserta Pengurus Jalasenastri, Ketua Pia Ardya Garini beserta Pengurus dan lainnya.

Saat penanaman bibit mangrove tersebut, Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Susianto didampingi Gubernur Bali, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai dan Kepala Instansi Maritim memberikan secara simbolis bibit mangrove kepada perwakilan peserta penanaman mangrove

Pangdam Benny menyatakan, pada momentum HUT TNI ke 74 tahun 2019, TNI berupaya untuk memanfaatkan kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan nilai positif untuk lingkungan dan masyarakat seperti penanaman bibit mangrove.

Acara ini dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah nusantara dengan harapan TNI dapat berpartisipasi memberikan sumbangsih yang terbaik untuk bangsa dan negara. "Khusus di Bali hal ini menjadi aset nasional jika dipandang dari dunia pariwisata," sambung Panglima.

Salah satu tuntutan agar daerah pariwisata mampu bersaing dengan negara lain di dunia disamping stabilitas keamanan terjaganya kondisi lingkungan juga sangat menentukan karena ancaman terhadap lingkungan pasti akan menganggu dunia pariwisata di Bali.

Pada kesempatan lain, Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mengatakan acara penanaman bibit pohon bakau ini dimaksudkan untuk melestarikan lingkungan kawasan hutan mangrove yang ada di daerah Teluk Benoa Bali bisa terjaga dengan baik keasriannya.

Bibit mangrove yang ditanam di kawasan Teluk Benoa sejumlah 5.000 pohon ini merupakan program kerja Spotmar Mabes TNI AL dalam rangka memperingati HUT ke 74 TNI dan untuk memecahkan rekor MURI. (rhm)

Rekomendasi