Lantik 83 Pejabat Baru, Bupati Tabanan Minta Jangan Berpolitik Praktis

Senin, 07 Oktober 2019 : 22.04
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat melantik dan mengambil sumpah 83 pejabat baru di Lingkungan Pemkab Tabanan
TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meminta pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan yang baru dilantik untuk menjalankan amanat rakyat dengan sungguh-sungguh, jangan mikir politik dan jangan melakukan praktek berpolitik praktis.

Hal itu diungkapkan Bupati Tabanan dalam sambutannya pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemkab Tabanan, yang digelar di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Bali, Senin (7/10/2019).

“Mari kita menjalankan amanah rakyat. Rakyat itu ngeliatin kita, memantau kita dan kembali lagi jangan mikir politik, jangan berpolitik praktislah. Kalau urusan politik kasih yang elit-elitlah di atas,” kata Bupati Eka yang pada tahun 2020 mengakhiri jabatannya ini.

Menurut Bupati Eka, semua hal dalam kehidupan ini sudah ada prosesnya masing-masing, begitu pun dengan jabatan. Bagi yang belum menjabat, bupati berpesan jangan terlalu berkecil hati.

“Ini hanya masalah waktu, semua itu kan berproses. Sesuai dengan sumpah jabatan, di mana saja, kapan saja, harus siap. Artinya itu harus dimaknai kembali dalam diri. Karena yang namanya prestasi atau hasil dari pekerjaan itu pasti akan ada hasilnya dan pasti tidak akan dibuat buat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka juga mengatakan serah terima jabatan atau mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Tabanan adalah hal yang lumrah dan wajar. Tidak bersifat sakral, karena hal tersebut adal proses dari perjalanan karir seorang Aparat Sipil Negara (ASN).

“Hadirin yang Saya hormati, jadi serah terima jabatan adalah hal yang lumrah dan wajar. Bukan sesuatu yang sifatnya sakral sekali. Karena yang namanya proses perjalanan hidup itu berputar, kalau gak sekarang ya besok, kalau gak besok ya sekarang. Karena yang namanya jodoh, garis tangan sudah ada yang ngatur,” paparnya.

Bupati Eka mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh pejabat yang dilantik.

“Jadi hari ini saya ucapkan selamat pada yang sudah mendapatkan amanah dan selamat bertugas. Do the best, lakukan yang terbaik, jadilah yang terbaik, jangan menjadi yang lain, karena setiap orang punya ketrampilan, kemampuan, wawasan yang harus digali sendiri dan ini penting untuk mempersembahkan prestasi untuk Tabanan,” tegasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabanan I Wayan Sugatra seusai acara pelantikan dan pengambilan sumpah mengatakan, ada 83 pejabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Eka.

"Dari 83 pejabat yang dilantik Bupati Tabanan hari ini, empat pejabat di antaranya adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, setingkat Eselon II yakni Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata serta Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi," katanya.

Disebutkan pada mutasi kali ini, Kepala Dinas Perhubungan kini dijabat I Gusti Putu Ngurah Darma Utama sebelumnya posisi Camat Selemadeg Timur dan selanjutnya posisi Camat Selemadeg Timur diisi Sekretaris Pol PP, I Putu Adi Supraja.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan dijabat I Nyoman Putra sebelumnya Kepala Bagian Umum pada Sekretariat DPRD Tabanan.

Posisi Kepala Dinas Pariwisata dijabat I Gede Sukanada yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Kerambitan, selanjutnya posisi Camat Kerambitan dijabat Gusti Made Darma Ariantha yang sebelumnya posisi Sekcam Kerambitan.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan dijabat I Putu Dian Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tabanan.

Posisi Kabag Humas dan Protokol selanjutnya diisi I Ketut Ridia yang sebelumnya sebagai Camat Baturiti.

Selanjutnya, posisi Camat Baturiti dijabat I Wayan Adi Astrawan yang sebelumnya sebagai Kabid Pelayanan Perijinan pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu. (gus)

Rekomendasi